Konsumsi Bensin Vario, Rute Cilacap – Solo, Ternyata Cukup Irit


Di impressi saya secara singkat mengenai Honda Vario keluaran 2008, saya katakan tidak terlalu irit. Itu asumsi secara kasar, karena saya perlu 3 kali isi bensin yaitu di Tambak, Jangkaran dan Kartasura. 

Seingat saya ketika naik Jupiter MX rute Cilacap – Jogja, saya hanya isi full di Buntu dan Jangkaran. Hitungan kasar tidaklah fair, karenanya mari kita hitung dengan sedikit perhitungan.

Pertama saya isi full di SPBU Tambak persis sebelah barat perbatasan dengan Kebumen dan pertigaan Ijo (arah Jatijajar). Karena odometer tidak saya catat, maka saya ambil jarak dari Google Map.

Kemudian saya isi full lagi di SPBU setalah tugu perbatasan Jateng – Jogja, kalo tidak salah derah Jangkaran.. CMIIW. Ambil jarak dari SPBU Tambak Ijo sampai SPBU Jangkaran menurut Google Map adalah 89 km.

Rute kedua dari SPBU Jangkaran – SPBU sebelum Goro Assalam, Kartasura.

Melintasi pertigaan Toyan – Srandakan – Palbapang mampir kerumah Pak Irawan – Jalan Parangtritis – Ringroad Selatan – Janti – Klaten – Kartasura. Dari Google Map jaraknya 105 km, di sini saya isi full lagi 12.000 rupiah.

Perhitungannya adalah sebagai berikut:

Ternyata berkisar di angka 40 km/liter. Cukup irit ternyata….

Iklan

18 pemikiran pada “Konsumsi Bensin Vario, Rute Cilacap – Solo, Ternyata Cukup Irit

  1. Boros sih menurut saya. Soalnya saya penumpak bebek 125 dari sayap mengepak. Sudah 4,5 tahun dan hitungan menggunakan top up 2 bulan kemaren 5?-59/liter pertamax jalur kota rata2 jalan 40-60 km/jam.

    Suka

    • Di motor saya non ecoriding kok lebiv irit dari pada eco riding. Jadi motor saya yang dipakai berboncebgan selalu saya bawa ala anak jalanan. Ada celah, tarik gas, late braking. He he 🙂

      Suka

    • masih irit shogun 125, kebumen cikarang jarak on spedo 466 km dengan premium 29rb aja. Jadi sekitar 70km/liter. Kecepatan rata2 60 ~ 70 km/jam

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s