Emansipasi Di Bus Umum


Masih dari Semarang di tahun 2010, kali ini dari terminal Banyumanik. Wanita jadi crew bus itu biasa, tapi kok tetap terasa menyalahi kodrat ya. Padahal barangkali satu tipe dengan pramugari pesawat atau kereta eksekutif, cuma beda level aja.

Si mbak dari Semarang yang jadi crew bus kota Damri ini kok tampak mesakke ya? Nggak tahu kalo para feminis yang minta kesetaraan gender, barangkali tidak mempermasalahkannya.

Tuh kan, sampai minggir-minggir gitu karena tas penumpang.

Tapi….menurut pengalaman saya, si mbak ini lebih beruntung. Di metromini 75 jurusan Pasar Minggu – Blok M, pernah saya temui seorang kernet (kernet lho bukan kondektur), seorang wanita muda, memang kulitnya tampak menghitam karena panas, namun dari postur tubuh dan wajahnya tidak tampak dia pekerja kasar. Bodynya langsing, wajahnya manis. Padahal kernet Metromini itu kerjanya lari-lari, juga bergelantungan di pintu kalo penumpang lagi penuh-penuhnya, juga membantu angkat barang penumpang.

Teman saya ada yang komentar “wah si mbak itu manis ya, kasihan jadi kernet metromini.” Dengan modal fisik seperti itu, dengan polesan sedikit, sudah pantas masuk TV.

Sekedar pengingat dan instrospeksi bagi kita, dan wanita-wanita tercinta di sekitar kita. Syukuri apa yang telah kita dapat

Iklan

11 pemikiran pada “Emansipasi Di Bus Umum

    • Sama di tempat saya. Tapi kasusnya sedikit beda. Bagi saya ini menarik! Meskipun inihal yang lumrah di mana mana ada wanita jadi karyawan spbu, namun yang menarik itu ini cantik jelita. Haha

      Saya temukan di 2 spbi berbeda lagi! Hayu… kuat kuat iman (dalam hati, istri orang) 😀

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s