Sajen Di Rumahku


Ketika naik ke atas plafon dalam rangka memperbaiki jalur listrik rumah yang putus saya menemukan bungkusan kantong kecil dari kain mori. oh apa ini? Sajen kah?

Posisinya di gantung di gording bersama dengan bendera yang digulungkan. Sepertinya  banyak saya temui ketika orang membangun rumah baru, diberi bendera merah putih, padi satu ikat bahkan batang tebu….. Entah apa tujuannya, tapi barangkali mencerminkan agar dibeli kemakmuran. Padahal ketika mau menaikkan gording saya pesan ke tukangnya supaya tidak usah pake “barang-barang aneh” itu, ternyata masuh ada bendera dan buntalan tadi.

Segera saja potong talinya dan ketika turun saya buka pengikatnya. Ternyata isinya kemukus, beras kuning, jahe, kunyit dan empon-empon lain mirip bahan jamu. Hari gini masih pake ginian, padahal tukangnya takmir masjid.

Kebetulan lagi bakar sampah, di kebun belakang. Langsung saja bungkusan itu dilempar ke api… wusss…..

Masih saja orang percaya pada hal-hal aneh berbau musyrik seperti ini. Kalo kita percaya malah bisa jadi rumah kita jadi sarang jin.

Doa Berlindung dari Kesyirikan

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك أَنْ أُشْرِكَ بِك وَأَنَا أَعْلَمُ وَأَسْتَغْفِرُك لِمَا لَا أَعْلَمُ

Allaahumma Innii A’udzu bika an Usyrika bika wa Anaa A’lamuhuu wa Astaghfiruka Limaa Laa A’lamuhu

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan syirik (menyekutukan-Mu) sedangkan aku mengetahuinya. Dan aku memohon ampun kepada-Mu terhadap kesyirikan yang tidak aku ketahui.” (HR. Ahmad dan Shahih Abi Hatim serta yang lainnya, shahih)

Iklan

20 pemikiran pada “Sajen Di Rumahku

  1. Kalau di rumah orang tua juga begitu. Terutama ibu saya yang masih kental adatnya. Jadi saya ga berani buang tuh benda asing yang digantung di ujung besi gorden. Mau buang khawatir kuawalat ma ortu. Tapi ya lambat laun ibu saya dah paham. Alhamdulillah ga ada lagi berkat hidayahNya ibu saya sadar akan kekeliruannya.

    Suka

  2. jelas ini adalah dosa besar, dan takutnya nanti jika dibiarkan akan mendatangkan azab.
    —————————————————————————————
    kirain isinya duit pak de hehehehe….. :mrgreen:

    Suka

  3. tahun 2012 masih percaya kaya gitu????????
    Memang adat dan tradisi tidak bisa di hilangkan secepat dan semudah kita membalikkan telapak tangan. Sering kita menemui hal2 semacam itu di sekitar kita dan kadang di lakukan oleh keluarga kita sendiri. Seharusnya kita sadar bahwa tradisi yang diturunkan oleh penjajah bangsa kita jaman dulu tsb tujuannya adalah untuk merusak aqidah kita setelah mereka merasa gagal untuk mengajak nenek moyang kita mengikuti “kepercayaan” mereka, maka perluas ilmu dan pengetahuan,tingkatkan pendidikan agar kita tidak mudah di bodohi dan bisa berfikiran secara terbuka,dan tetap berdoa agar kita di jauhkan dari hal2 yang menyesatkan…………….

    Suka

    • ngawur ente bawa bawa nama penjajah, ini mah murni kepercayaan, turunan dari kepercayaan animisme sama dinamisme, bukan hal yang salah, tapi toh di agama ga pernah di ajarkan malah di larang, sekarang saatnya milih, mau milih kepercayaan kuna atau agama, kalo ane sih pilih agama, masalah kepercayaan dan agama yang di balut menjadi sebuah adat dan istiadat sih ga bisa di salahkan 100% walaupun salah dari segi agama itu sendiri, ini murni pilihan, mau percaya agama atau percaya sama adat sendiri? kalo ane ya agama, tapi masa iya harus bilang adat kita suatu hal yang di bodohin penjajah? uda ada sejak dulu jek, jangan apa apa yang jelek di lemparin ke bule, yang bagus di lemparin ke arab, baik bagus sama jelek ya hasil asimilasi dan perkawinan banyak unsur, maklum orang indonesia terkenal ramah sama segala budaya, kepercayaan, agama, dll, saling menghormati, dan sekarang kalo yang jelek di lempar ke bule, yang baik di lempar ke arab? dimana jati diri kita yang sebenernya? di nasi bungkus 5rban yang di kasih pemimpin arab,sementara dianya sendiri seneng2 pake ipad buatan orang bule?

      saatnya orang islam cerdas bro, di arab banyak penyembah berhala, masa mau di bilang orang muslim? ya kan engak lah

      Suka

  4. Bukan!! KORUPSI lah musibah terbesar kita!! syirik seseorang tidak mengganggu kehidupan orang lain. tapi KORUPSI MERAMPAS HAJAT HIDUP ORANG BANYAK!!

    Suka

  5. Kepercayaan dan agama berperanan penting dalam perkembangan tamadun China, dimulai dengan kepercayaan alam sekitar, roh nenek moyang, fahaman dan bertukar kepada bentuk agama. Agama dan kepercayaan berkait rapat dengan sistem pemerintahan agar taat dan patuh kepada pemerintah.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s