Bahaya Mengintai Di U Turn


Hari libur kemarin, sekitar jam 8 pagi. Baru saja meluruskan arah setir di pinggir jalan, di samping saya terdengar bunyi ciiiiiiitttttttttttttttttt……. Ternyata Jupiter MX mengerem dengan keras (hard braking) menghindari Astrea Grand yang memutar di U turn. Motor MX tampak oleng kanan kiri, namun sang rider bisa menguasai motornya dan selamat, namun sempat melihat ke arah rider Grand sambil misuh-misuh tampaknya.

Kalo tidak bisa dikuasai bisa jadi rider MX ini nabrak Astrea Grand tadi, atau menyenggol Angkot di depan Grand, atau bahkan nabrak Avanza parkir di sisi kiri jalan.

U turn alias tempat putar balik (biasanya jalannya bermedian) itu bagian jalan dengan bahaya mengintai. Bulan ini sudah dua kali saya menjadi saksi kejadian di U turn. Yang pertama malah sampai tabrakan anatr 2 motor, kejadiannya adalah orang yang memutar kurang mengamati kendaraan dari jalur utama dan sebaliknya.

Rambu Prioritas Bagi Lalu-lintas dari Muka

Memang di jalan seperti ini (apalagi yang saya lihat U turn sekaligus pertigaan) bahaya mengintai. Kendaraan di jalan utama akan berjalan cepat, karena memang di prioritaskan (ditandakan dengan adanya rambu prioritas). Kendaraan yang mau berbalik arah atau memotong jalan harus lebih mengalah. Walaupun kendaraan di jalur utama juga sebaiknya melakukan pengamatan dengan lebih waspada.

Iklan

25 pemikiran pada “Bahaya Mengintai Di U Turn

  1. Dulu saya pernah kecelakaan di puteran gini. Temen saya didepan belok gak pake sen, saya yang waktu itu lagi agak kenceng ngerem sekuatnya. Motor jungkir balik, mika headlamp pecah, behel juga patah.

    Suka

  2. lebih bahaya lagi kalau mobil yg mau putar balik. mobil perlu jalur yang lebih lebar sehingga menutup total jalur berlawanan

    Suka

  3. kalo saya manfaakan klakson sekencang-kencangnya soalnya demi keselamatan; biarin aja kata orang brisik ato apa, soalnya kita punya tanggung jawab juga di jalan

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s