Semut Pudak, Semut Yang Bandel


pict : majalahserangga.wordpress.com

Semut pudhak, begitu hewan kecil ini disebut di tempat saya. Semut yang termasuk berukuran kecil, berwarna coklat agak transparan ini biasa saya temui di rumah. Sebenarnya tidak terlalu berbahaya, kerena tidak menggigit, namun menyebalkan! Karena suka sekali mengerumuni gula, makanan manis, bahkan nasi di bakul juga didatangi. Yang tidak mengenakkan dari hewan ini adalah baunya yang menyengat, kalo saya bilang “sengir”. Dan yang lebih menyebalkan dari hewan ini adalah, dia sukar diusir.

pict : firestartingautomobil.blogspot.com

Saya tidak terbiasa menyemprot hama dengan insektisida, saya tidak tahan baunya. Untuk semut dan kecoak saya gunakan kapur ajaib yang banyak dijual. Jika semut lain, serangga lain juga kecoak akan mati kering jika melewati coretan kapur ini. Beda dengan semut pudak, mereka degan santainya melenggang melewati coretan kapur, dan kita bisa temui di toples gula, kopi di cangkir yang akan kita minum, bakul nasi, ceceran makanan dan sebagainya.

Yah…sampe belum namu caranya, paling-paling saya usir secara manual, degan cara menyapunya. Yah mereka juga akan balik lagi.

Iklan

19 pemikiran pada “Semut Pudak, Semut Yang Bandel

  1. Oh itu yang juga bikin rapuh kayu. Dia juga dinamakan rayap. Dia ini berbeda dengan semut lain jika dilihat dari bentuk kepalanya. Rayap ini ga punya mata, ga bisa lihat cahaya. Sepertinya (saya ga tau pasti) dia hanya menggunakan sistem penciumannya (karena setiap ekor semut akan mengeluarkan bau sebagai jejak yang akan menjadi jalur semut). Sedangkan semut biasa yang punya mata bisa lihat, itu pun sekedar cahaya doang. Jadi jangan heran si rayap seolah santai melewati bubuk kapur ajaibnya. Dia sih sudah kena racunnya, tapi karena ga tau arah jalan aja. Beda ma semut lainnya, yang bisa memetakan (analisa saya) cahaya yang ada disekitarnya (selalu berusaha menuju satu titik cahaya kala kehilangan jalur semutnya).

    Suka

  2. langu.. ambune…
    kapur semut hanya untuk mengusir dan membatasi aktivitas semut.. kalau deket2 makanan lama-lama berbahaya juga gan… gunakan seperlunya aja… lagian semut juga ikut menjaga keseimbangan alam..

    Suka

  3. Semut ? susah memang. Semut rumahan apapun namanya masuk rumah karena ada makanan enak baginya, yang manis-manis, ceceran makanan anak-anak merupakan “undangan pesta” bagi para semut. Makanya butuh bersih-bersih teruuuus;
    Untuk menyimpan makanan dimana banyak serdadu semut sebaiknya dilimbang (jw) maksudnya ambil piring, isi air secukupnya (jangan penuh nanti tumpah) letakkan mangkok ditengah air baru letakkan wadah isi makanan dan jangan ada tutup-saji yang menyentuh susunan ini, semut masih bisa lewat.
    Semut masuk atau “kost” dirumah-rumah biasa nya suka pada tempat tertutup yang “kumuh” misalnya kardus-kardus, lipatan kertas, pipa PVC dan logam, PC yang tak terpakai sampai radio rusak, dos sepatu dan lain-lain.
    Untuk membasmi semut harus tahu persis dimana sarangnya !!
    ~ lobang rumah semut dituangi dengan minyak tanah atau pestisida (bagi semut yang tinggal dalam lobang-lobang) tewas deh, setelur-telurnya; atau letakkan potongan kapur semut dipintu masuk mereka jadi nggak krasan dan minggat !
    ~ untuk semut yang “kost” pada alat-alat elektronik sebaiknya, isi kardus pembungkus dengan potongan kapur anti semut.(± 2cm) beberapa potong, mereka akan pergi atau pindah tempat lain.
    ~ sedang semut halaman, biasanya bersarang pada tumpukan bata, tumpukan batu, kayu, pada pot tanaman yang kering (jarang disiram air). Caranya sering-seringlah disiram dengan air, nah kalau sering kebanjiran mereka nggak krasan dan pindah atau migrasi ketempat lain.
    ~ semut pohon, caranya: tulang sapi, tulang kerbau, tulang kambing atau tulang apas aja (klo besar tulangnya kan bisa menampung banyak semut) yang telah diambil dagingnya (masih basah) diikat dengan kawat digantung pada pohon, biarkan semut mengerubuti tulang. kemudian bakar tulang (ambil kertas bakar ujungnya untuk menyulut semut yang mengerubuti tulang) lakukan berkali-kali selama semut masih mau mengerubuti tulang. klo semut sudah ogah ganti tulang yang baru demikian seterusnya hingga habis tu semut.
    ~semoga berguna ($nt)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s