Bekam, Menjaga Kesehatan Sesuai Sunnah


Bekam Hijamah

“Bekam atau Hijamah, wah apa pula itu? Unik juga pengobatan dengan cara di sedot darah kotornya.” Ini pemikiran saya dulu-dulu.

Tapi suatu waktu, Ustadz berkata: “Mosok ngaku orang Islam tapi belum pernah ber-bekam!”

Wah berarti Bekam itu penting ya. Okelah kita cari tahu tentang bekam ini. Ternyata termasuk salah bentuk ibadah sunnah. Kita cuplik salah satu hadistnya:

Sebagaimana diriwayatkan Said bin Jubair berkata dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah SAW bersabda,
”Kesembuhan dapat diperoleh dengan tiga cara : Pertama, minum madu. Kedua, dengan pembekaman. Ketiga, dengan besi panas, dan aku tidak menganjurkan umatku melakukan pengobatan dengan besi panas”. (HR. Bukhori).

Wah perlu cari tahu juga nih dimana ahli bekam yang bisa diandalkan. Ahli bekam ini juga tidak sembarangan. Harus cukup ilmunya, baik tentang ilmu kesehatan/bekam itu sendiri, maupun ilmu agamanya.

Akhirnya nemu juga dengan ahli bekam yang bisa diundang ke rumah. Sudah langganan dengan salah satu orang kantor.

Ketika saya tanya tips dan pantangan berkaitan dengan bekam ini diantaranya:

  • Diusahakan perut tidak dalam keadaan penuh, setidaknya 2 jam setelah makan. Kata sang ahli bekam agar tidak mual dalam proses pembekaman nanti. Hehe… namun saya pernah makan 1 jam sebelumnya, dan tidak ada masalah. Sepertinya tergantung reaksi tubuh yang berbeda-beda.
  • Sebaiknya jangan tidur setidaknya 3 jam setelah bekam.
  • Sebaiknya juga jangan mandi setidaknya 3 jam setelah bekam.
  • Sebaiknya lagi jangan jima’ (bersebadan) dulu setelah bekam.

Reaksi tubuh beda-beda, ada yang baru beberapa titik ternyata orangnya pingsan. Kata ahli bekamnya ini hal biasa.

Cara membuka pori di kulit ada dua macam, dengan pisau digurat sekitar 9 sayatan, atau dengan jarum sekitar 30-an tusukan (tusukannya cuma seperti cek darah, bukan tusukan dalam). Dengan pisau mungkin terasa lebih sakit sedikit, namun di bagian tertentu penggunaan jarum malah lebih “mengejutkan”. Pisau maupun jarum ini harus steril, baru dibuka dari kemasannya.

Dan baru tahu juga ternyata yag disedot dengan vakum itu semacam sumbatan di pembuluh darah. Bisa berujud seperti lemak, berujud busa atau cuma seperti darah putih namun sedikit. Kurang tahu juga apa artinya. Namun yang berbentuk lemak itu kalo dilogika berarti sumbatan yang menyempitkan pembuluh darah kita. Dengan disedot maka akan lancar kembali.

Ketika disedot, ternyata ada suatu titik yang keluar banyak, sampai diulangi dua atau tiga kali masih keluar. Namun ada juga titik yang ketika disedot cuma keluar semacam darah putih dari lukan sayatan. Yang banyak berarti banyak sumbatannya banyak, yang sedikit berarti lancar.

Iklan

2 pemikiran pada “Bekam, Menjaga Kesehatan Sesuai Sunnah

  1. subhanalloh,yang paling menakjubkan dari bekam tibunnabawi adalah unsur potensial aktif dalam darah sehat tidak ikut tersedot oleh bekam dengan demikian suplai nutrisi,oksigen dan zat anti infeksi serta terdistribusi ke tubuh berlangsung optimal. polu
    tan dalam darah akan tersedot melalui bekam ini,sunahnya bekam pada tengah bulan hijriyah.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s