Beri Ruang Untuk Mereka (Empati Pemobil Pada Pemotor)


Lampu merah mobil motor di kiri

Sebelumnya, ini ide saya sendiri. Sebagai pemotor dan sesekali pemobil, ketika di lampu merah di jalan bermedian, sebisa mungkin kita (sebagai pengendara mobil) memberi ruangan di sebelah kanan untuk sepeda motor (dan juga sepeda).

Ilustrasi kondisinya seperti ini.Ilustrasi Lampu merah- mobil kanan motor kiri

Kebetulan tiap pagi saya melalui lampu merah di jalan bermedian. Lalu lintas ke kanan itu cukup ramai. Dengan ada ruangan di kanan mobil maka  pemotor yang mau ke kanan cenderung berhenti di sebelah kanan. Menguntungkan bagi pemotor, juga bagi pemobil. Lho kok bisa? Tahu sendirilah karakter pemotor di sini, kadang beloknya membahayakan. dengan menempatkan mereka di kanan maka pemobil yang lurus bisa lebih aman berjalan daripada ada motor di kiri yang mau kekanan dan memotong jalan.

Agak susah menerjemahkannya ke dalam tulisan. Namun yang jelas saya berusaha melakukannya ketika bermobil, memberi ruang yang muat sepeda motor di kanan.

Kecuali yang ini:

Carry Tanggung

Ini karena dari awal saya mau nyalip pickup biru itu namun dia berjalan tanggung dengan jarak yang cukup panjang, jadi posis saya mepet ke median.

Iklan

17 pemikiran pada “Beri Ruang Untuk Mereka (Empati Pemobil Pada Pemotor)

  1. kl di jakarte agak susah menemukan pengendara mobil yg kasih ruang, kalau pun ada mepeeet bangets pdahal udah di jalur kiri :mrgreen:

    Suka

  2. mungkin bisa ditambahkan dalam kondisi macet posisi mobil sebaiknya lurus dengan mobil didepannya dan seterusnya, sehingga celah buat motor lewat tidak tertutup. krn klo sampai tertutup bikin tambah macet

    Suka

  3. tetep aja biar bgm pun jg bikers gak akan mungkin bisa seperti drivers. drivers udah pasti bisa rapi, tertib n sopan di jalanan tp klo riders gak ada rumusnya bisa spt drivers bukan?? Coba deh suruh riders bawa mobil biar bisa ngerasain atau biar adil klo drivers cara berkendara spt bikers apakah boleh 🙂

    Suka

  4. ilustrasinya bagus. pengendara motor itu di kota manapun sama kayaknya mas, hobi nyalip, sekecil apapun peluangnya pasti disalip, sya belum pernah di posisi pengemudi mobil, tapi emang bener saran saya pengendara motor jangan terlalu egois, dan pengendara mobil harus hati-hati dengan pngndara motor

    Suka

  5. @ Selfbeside….. Ya spt itu dunia bikers/riders yg selalu menonjolkan sifat EGOIS dan AROGAN blm lg klo ada club/komunitas lg konvoi atau touring udah pasti yg lain disuruh minggir tp klo para drivers/pengendara mobil melakukan hal yg sama spt riders udah pasti dong riders/org2 gak akan bs terima plus dpt bonus diejek2/maki2 dgn kalimat, “mentang2 org kaya blagu atau baru punya mobil aja udah sok2 an atau baru mobil kaya gt udah byk laga”. Serba salah dehh klo ngomong ama riders.
    Blm lg klo udah senggolan dgn riders, udah pasti riders akan ambil tindakan kabur atau malah ngajak ribut padahal yg salah riders tp justru riders lebih galak dr drivers atau klo udah mentok ujung2 nya manggil dehh temen2 nya yg di club/komunitas spy drivers jd takut dan senjata pamungkas dr riders apabila disuruh ganti udah pasti gak akan mau dgn dalih gak punya uang (KECEMBURUAN SOSIAL)
    SUBHANALLAH….. Bukan main hebatnya MENTAL dan OTAK para riders.
    Apabila anda tdk percaya, silahkan anda saksikan dijalanan…. Mana yg lebih banyak tingkat pelanggaran antara RIDERS atau DRIVERS?? Lalu mana yg lebih tertib, RIDERS atau DRIVERS?? Saya rasa cukup FAIR dong utk melihat dlm kehidupan sehari2 serta si empunya blog jg jgn hanya membela riders yg mana dilihat dulu titik masalahnya utk mana yg lebih benar.

    Suka

  6. Betul kata Bro Kurniawan kalo mental bikers/riders kita masih amburadul karena mereka gak ngerti yg namanya “tertib”. Coba Anda semua lihat lalu lintas di Eropa dan Amerika, mereka itu tertibnya bukan main gak ada namanya seruntulan,ugal2an,nerobos lamer,nyogok,SIM nembak,BERPONSEL, dsb. Itu karena nyawa itu muahal buat mereka. Coba bayangin kalo motor rusak/ancur, kan bisa beli lagi yg baru nah kalo NYAWA gimana tuh? ditambah lagi mayoritas orang Eropa/ Amrik itu drivers ya jadinya gitu(wong mereka pelopor teknologi mobil) coba anda pikirkan dan renungkan lagi apa yg saya tulis itu dari kenyataan yg kita lihat disekitar kita. Salam, semoga bermanfaat.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s