Roda 4 Handmade Bertenaga Tali


image

Ketika bercerita tentang masa kecil saya pada anak-anak, saya teringat dulu anak desa itu cukup kreatif. Mainan cukup bikin sendiri. Contohnya seperti gambaran saya di atas, mobil-mobilan handmade berbahan bambu dan barang bekas. Dulu kami dengan riangnya menarik mainan ini di jalan tanah dan juga jalan macadam. Main ke mana, mainan ini ditarik.

Bahannya cuma bilah bambu sebagai frame & chassis, kaleng bekas sebagai body, karet gelang sebagai pengikat, sandal jepit bekas sebagai roda dan selang air bekas sebagai rumah as roda. Tak lupa tali rafia sebagai penggeraknya. Sederhana, murah tapi tetap menyenangkan.

Apakah anak desa sekarang masih kreatif seperti dulu?

Posted from WordPress for Android

Iklan

12 pemikiran pada “Roda 4 Handmade Bertenaga Tali

  1. Selesai makan malam dan belajar, biasanya ibu membiarkan kami bertiga (saya dan kedua adik) bermain di tempat tidur, sambil menyanyi. Kadang ibu ikut serta menikmati permainan kami. Permainan yang biasa dilakukan adalah cublak-cublak suweng, saya sekarang bingung juga kenapa mainan ini yang dilakukan saat mau tidur ya….

    Suka

  2. Kalo kamu tinggal di kaki gunung di pelosok nusantara, maka permainan ini sama sekali gak jorok. Palingan kalo lagi apes ada lele kuning lewat. Tapi kalo kamu anak kota dan mandi di kali. Oh well. Ini bocorannya, konon menurut dinas kebersihan, tikus kalo dilempar ke kali di Jakarta bakalan mati keracunan duluan sebelum dia mati tenggelam. Hmm.

    Suka

  3. Tapi sekarang susah betul eh nyari bambu yang bagus & tebal, pokoknya yang cocok buat leduman itu, makanya anak-anak sekarang suda nda banyak yang main, klo ada yang main juga ledumannya kebanyakan nda pake bambu lagi, tapi diganti sama kaleng bekas. Kenapa kaleng bekas? karena kalo pake karbit dan ledumannya dari bambu, biasanya bambunya pecah, sangking kuatnya tekanan gas yang dihasilkan si karbit, bambu nya pasti meledak behamburan, isinya teberojol keluar, kecuali bambu diikat, tapi resikonya bikinnya lama dan susah.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s