Soto Kecik


Biasanya blusukan mencari Soto style daerah Banyumas dan sekitarnya (atau yang lebih dikenal dengan Sroto Sokaraja), kalo ini mencoba Sroto yang dipusat keramaian daerah asalnya yaitu Soto Kecik.

Soto Kecik

Terdapat di deretan toko oleh-oleh khas Sokaraja – Getuk Goreng Asli – Warung Soto ini mudah sekali dijangkau, berada di kiri jalan kalo dari arah timur, sebelahnya ada warung Soto lain yaitu Soto Lama, seberangnya ada kantor Bank Jateng. Papan namanya juga sangat mudah dilihat.

Tentang namanya, saya sudah sering dengar sedari kecil karena orang tua sepertinya pernah ke sana dan sering cerita, cuma saya nggak diajak.  Pokoknya Soto Kecik ini termasuk pemain lama.

Soto Kecik 2

Nyarinya gampang, warungnya luas, tempat duduknya banyak, bisa buat acara kumpul-kumpul nih kalo dibooking semua. Oh iya di belakang ada mushala juga. Sekarang mari kita coba Sotonya.

Soto Kecik 1

Jreeeeng…. seperti Soto Sokaraja pada umumnya, ya seperti ini tampilannya, yang ini Soto Daging. Racikannya Soto semacam tauge, Muncang (daun bawang), kerupuk dsb. Juga ketupat serta kuah tanpa santan. Eh mangkoknya kok agak kecil dari yang lain, jangan-jangan ini asal mula namanya Kecik yang artinya kecil.

Cicipi dulu racikan bumbu aslinya… mmm….slurp…. agak terlalu asin (menurut lidah saya). Langsung masukkan kecap manis dan sambal kacangnya. Coba lagi…slurp…lha ini baru pas, buket mleketaket! Pas lapar, langsung habis dalam sekejap, kalo masih kurang kenyang kita bisa makan mendoan yang disediakan. Ada juga tape ketan dalam bungkus daun pisang, ketannya warna ijo. Nah saya pilih tape ketannya, dari gurih lalu manis… Minumnya cocoknya ya yang tawar…. :mrgreen:

Harganya bagaimana? Yang jelas sedikit mahal dari Soto yang tempatnya susah dijangkau, posisi dan nama besar menentukan harga.

Kesempatan lain perlu dicoba nih warung sebelahnya, Raja Soto Lama.

Soto lainnya:

Iklan

13 pemikiran pada “Soto Kecik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s