[Daihastu Espass]Terkenal Dengan Masalah : Resale, Overheat, Delco, Ulas Juga Kelebihannya Dong!


Espass 00

Ketika menebus sebuah Daihatsu Espass, banyak yang bertanya “Kok Espass, kok Daihatsu, kan gini gini… gitu gitu…bla bla.”

Sebelumnya juga sudah browsing tentang mobil satu ini dan kebanyakan punya masalah overheat, posisi delco yang rawat kena air juga harga jual kembali yang jatuh. Ah masa isinya kelemahan semua, tapi kok lumayan sering ketemu di jalan, buat angkot juga banyak, masa nggak ada kelebihannya.

Kelemahannya sudah banyak yang tahu, kelebihannya apa? Kita simak bahasa iklan berikut:

Kelebihan Espass 1 Katalog Espass (4)

Iklan jadul, tahun 1995 kalo sekarang sih mungkin sudah basi dibilangnya.

Kelebihan lain:

-Mesin 12 valve tenaganya pasti lebih. Kata orang-orang (penggunanya) Espass (dan Zebra) itu jago di tanjakan, buktinya di Sumatra Utara laris.

-Lega, mobil tanpa bonnet itu interiornya jelas lega. Ketinggian atap juga lebih tinggi daripada mobil berbonnet seperti Kijang. Kapasitas 7 seater, baris kedua model captain set, dengkul nggak nabrak jok depannya.

-Jok belakang bisa ditekuk full untuk ruang barang. Kalo dulu iklan kijang kapsul menampilkan hal ini, Espass sudah duluan memakainya.

Espass jok belakang tekuk

-Fiturnya dan betuknya lebih maju daripada minibus sejenis. Misalnya pintu sudah 5 buah, pintu belakang (kalo kata Guru Andhi di Magelang) model hatchback, pintu samping sliding, bentuknya lebih aerodinamis juga.

-Kalo menurut iklan posisi mengemudi seperti sedan. Kalo menurut saya kemiringan setir memang seperti mobil ber-bonnet, agak vertikal. Kalo minibus lain yang selevel agak mirip bus, kemiringan setir cenderung datar.

-Sparepart tidak susah.

-Karena harga jual yang turun maka saya bisa belinya murah… hehehehe…

Kurang lebih seperti itu lah..

Iklan

47 pemikiran pada “[Daihastu Espass]Terkenal Dengan Masalah : Resale, Overheat, Delco, Ulas Juga Kelebihannya Dong!

  1. Dibanding keri mending espass kang…kl keri kesan angkotnya lebih melekat soale…Pernah bawa rombongan keluarga Banjarnegara-Jember PP no problemo….

    Suka

  2. Aku pernah pake 4th lumayan puas kecuali ac yg gak bisa dingin meski udah msk bengkel ac. Pengalaman ini boil pernah jadi rumah berjalan swktu gempa jogja 2006

    Suka

  3. Sy pake espas 97 supervan alhamdulillah gak pernah ada masalah serius, mogok saat banjir juga gak pernah (mungkin lagi beruntung) yg penting delco nya rapet ama seal nya kalo udah keras diganti, bekasi-palembang ok ok aja
    Paling kalo belok emang kerasa banget

    Suka

  4. Saya pake Espass 95 sampai sekarang nggak ada masalah yang serius tuh. Sampai dua kali dibawa pp dari Lampung ke Sumatera Barat tahun 2011 dan 2012, Alhamdulillah di jalan lancar2 aja. Katemu genangan air yang agak dalam juga nggak oernah mogok seperti kata orang. Yang penting juga perawatan, Gan.

    Suka

  5. Kalau yg 1600 kata sy lumayan boros sih tapi tenaga nya enak banget (bisa tembus 160 km/h / mentok spedometer, tapi tidak dianjurkan kecuali lagi bete he he he)
    Spare part nya juga murah dan gampang nyarinya

    Suka

  6. Ngisor delco dirapeti spy ra kecipratan banyu soko ban. Karpet/teblek mburi ban depan dipasang sing rapi & kuat. Atau delcobe dibungkus ban bekas / di kondom I. Ngono lho om

    Suka

  7. wih… jan mantap ulasane…
    aku dititipi zebra je om… mek sewu cc-ne tp tanjakan iso ngasepin susi putura… padahal aku muatan pull.. hehe…

    Suka

  8. saya punya 1.3 ’96
    overheat tidak pernah, delco aman nerjang air (soalnya sarung alias kepet ban depan kiri masih ada)
    nanjak di sarangan dengan muatan penuh masih bisa meskipun cuma gigi 2 hehehe

    kekurangannya yg prinsip yaitu skok depan atos, ada solusi katanya ganti satu set pake futura tp belum tk coba

    Suka

    • kalo keras ya sama, wah sarangan gigi2 ya …. punyaku kayaknya nggak tahan rpmnya ganti per futura bisa tapi katanya nggak awet juga

      Pada 1 November 2013 09.30, Learning To Live

      Suka

  9. salam kenal pak maskur saya pengguna zebra ZL 2005. intinya sih perawatan,saya hampir 1,5 tahun pake mobil ini,dan seperti orang bilang mobil ini hampir selalu overheat ketika saya pakai nonstop lebih dari 4 jam perjalanan. sekitar 3 atau 4 bulan lalu atas saran ortu,saya bawa ke tukang radiator utk korok,ternyata permasalahan selesai hehehe

    terakhir saya bawa nanjak ke gunung salak perjalanan kuranglebih 12 jam tanpa matiin mesin,suhu tetep normal *catatan termostat masih dipasang

    Suka

    • overheat masalah utama, saya sudah lakukan semua saran agar tdk overheat sampai sekarang masih trauma gara2 di kerjain espas di puncak saat jalan2 keluarga, saran yg belum saya lakukan adalah bikin selang baypas dari swit temperatur ke radiator, lepas dari masalah itu mobil ini OK.

      Suka

  10. wah jadi minat gan ane pernah tp zebra jumbo 95 mantep surabaya bali muatan full okeh2 aja delco di wei stempet jare wong banyuwangi kalo banjir normal masih oke asal air ghak masuk filter udara

    Suka

  11. masalah delco kemasukan air gampang,saya biasa pakai sealer lem paking untuk menutupi kebocoran air yg masuk

    kalau mesin panas solusinya pakai radiatornya zebra lama.
    ganti dinamo kipas yg rpmnya lebih tinggi(spek DC 12V)
    plus ganti baling2 kipas yg sirip2nya lebih banyak
    kalau masih cepet panas pasang 2 kipas berhadapan sekaligus(wajib bikin pangkon baru)

    Suka

  12. kalau mesin panas solusinya pakai radiatornya zebra lama.
    ganti dinamo kipas yg rpmnya lebih tinggi(spek DC 12V)
    plus ganti baling2 kipas yg sirip2nya lebih banyak
    kalau masih cepet panas pasang 2 kipas berhadapan sekaligus(wajib bikin pangkon baru)

    Suka

  13. saya pengguna esspas 2006 1.3.selama ini ga ada masalah….tp waktu sya coba nanjak ke gucci tegal itu ga bisa nanjak knap ya…..soalnya kamplas kompling baru ganti semua.(muatan penuh),
    terima kasih.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s