[Daihatsu Espass] Tes Kondisi Mesin Dengan Tissue


Dalam satau thread di grup D’Zebrakusers, Paketuanya bersabda :mrgreen: :

Sebenarnya , salah satu indikator setingan pas atau tidak.. mesin sehat atau nggak…kompresi masih bagus atau nggak bisa dilihat dari knalpot….hitam berjelaga, atau bersih...

knalpot midori abu-abu'

Lihat kodisi gerobak di rumah, kondisinya ternyata seperti di atas, dan dari thread disebutkan kondisinya : oke! sip. Karena kategorinya seperti ini :

  1. Knalpot abu2 tipis : setingan tepat, tarikan jos, bensin irit.
  2. Knalpot yg berkerak hitam : Setingan karbu kurang pas , terlalu banyak bensin , tarikan berat , bensin boros , seting lagi karbu nya.
  3. Knalpot hitam basah : bisa dipastikan ada oli yg ikut terbakar. disertai asap putih. Bisa dari ring seher, atau dari sil klep aus / pecah.
  4. Air keluar dari knalpot : Normal , itu hasil dari kondensasi embun dari dalam knalpot.

Tapiiiii, kok kalo di starter lalu dipanasin kondisinya seperti ini:

Asap Putih Espass 1

Ada asap putih, wah jangan-jangan itu oli terbakar, yang artinye mesti ganti ring seher atai sil klep! Wah duit lagi nih.

Penasaran lempar lagi ke thread, dan solusinya perlu di test pake tissue, untuk menangkap asap dari knalpot apakah asap atau uap. Kalo uap air akan cepat hilang kalo itu oli bekasnya tidak hilang di tissue.

Cipratan Knalpot Espass Lantai

Challenge Acepted

Lho kok ternyata malah lebih parah, selain asap putih juga ada cipratan hitam-hitam. Di lantai apa lagi di tissue, jelas banget terlihat. Makin khawatir. Tapi tetap dijalain buat pergi-pergi juga :D: .Cipratan Knalpot Espass Tissue

Nah ketika sudah jalan cukup lama, saya teringat lagi test dengan kertas tissue tadi. Iseng ketika parkir, ambil tissue lagi, test lagi buat menjaring asap atau uap dari knalpot, ternyataaaaa BERSIH! Tidak ada bekas apapun. Alhamdulillah…

Lempar lagi ke thread. Gerobak saya di vonis fine-fine aja. Alhamdulillah

Kemungkinan asap atau tepatnya uap putih pas mesin dipanaskan adalah embun. Sedangkan yang hitam-hitam itu adalah jelaga yang bercampur embun tadi.

Iklan

12 pemikiran pada “[Daihatsu Espass] Tes Kondisi Mesin Dengan Tissue

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s