Jalur Penyelamat Di Jalan Menurun


Jalur Penyelamat Kertek Wonosobo

Jalur penyelamat di turunan, merupakan jalur untuk mengantisipasi kendaraan yang tidak terkendali ketika di turunan (biasanya karena rem blong). Jalur ini berupa tanjakan yang berlawanan arah dengan turunan, konstruksinya dibuat berundak-undak. Dengan jalur ini diharapkan, kendaraan yang remnya blong bisa berhenti dengan selamat. 

Jika ada kendaraan yang kecepatannya tak terkendali, lalu masuk jalur ini kecepatannya akan direduksi dengan tanjakan dasarnya, namun jika tidak dibikin berundak, aka pengurangan kecepatan memerlukan jalur yang panjang. Dengan adanya undak-undakan ini, maka roda kendaraan akan menabrak sesuatu yang padat, momentumnya akan berkurang sedikit demi sedikit.

Jalur seperti ini saya temui di dua tempat, yang pertama jelas di turunan Gombel Semarang, yang kedua di turunan antara Kledung sampai Kertek (Wonosobo). Ini adalah konstruksi lama, kata seorang sopir, kendaraan jaman dulu, terutama truk dan bus, sistem pengeremanya tidak secanggih sekarang. Antara pengereman sampai berhenti butuh jarak yang cukup panjang, jadi selain untuk mengantisipasi rem blong, jalur ini juga untuk fungsi di atas.

Ternyata kemarin, di jalan tol antara Ungaran – Banyumanik, saya lihat ada beberapa buah. Kenapa di turunan lain, misalnya jalur Tasikmalaya – Nagreg atau yang lain (CMIIW), sepertinya tidak ada. Barangkali faktor space yang cukup besar jadi kendalanya.

Iklan

18 pemikiran pada “Jalur Penyelamat Di Jalan Menurun

  1. sangat bermanfaat,sy dl pernah mengalaminya saat naik brangkat sekolah diturunan gombel semarang tiba2 rem bis blong dan sopir lgsg masukin bis di penyelamat jalan,alhamdllh g da yg terluka cm kaca bis pd pecah

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s