Lampu Tembak! Muspro


Lampu Tembak

Pertigan Jalan Bisma dengan Jalan Urip Sumoharjo ini sudah banyak makan korban jiwa. Karena merupakan jalan nasional dan jalur utama masuk Cilacap dari timur. Di jalur ini lewat kendaraan berat dan ringan, dari trailer sampai sepeda ontel.

Pertigaan ini berjarak kurang lebih 500 meter dari lampu merah Gumilir, jadi para kendaraan selepas lampu start hijau di jarak ini sedang kenceng-kencengnya. Dari jalur utama ada yang belok ke kanan ke jalan Bisma, dari jalan Bisma sendiri banyak sekali yang belok ke jalur utama baik ke kanan, ke kiri maupun memotong jalan. Dari luar kota juga banyak yang belok ke kiri ke Jalan Bisma. Pokonya ruwet bin crowded.

pertigaan Bisma Traffic

Pernah ada yang minta ke Wakil Bupati agar dipasang lampu lalu lintas saja, biar lebih tertib, terutama yang dari jalan Bisma itu. Kebetulan setelahnya ada mobil Dishub membawa tiang lampu lalu lintas. Ternyata setelah dipasang “cuma” lampu flash/lampu tembak. Tau sendiri lah karakter pengendara di sini, lampu semacam ini jelas tidak dianggap alias tidak berguna alias Muspro!

Dan menurut 22 29 Tahun 2009, mengenai APILL  (ALAT PEMBERI ISYARAT LALU LINTAS), lampu flash ini berbunyi begini:

c. Lampu 1 (satu) warna, yaitu berwarna kuning atau merah. Lampu ini digunakan untuk memberikan peringatan bahaya kepada pemakai jalan. Lampu satu warna ini dapat dipasang dalam posisi vertikal atau horizontal.
——————–
c. Lampu Satu Warna

  1. Lampu satu warna yang berwarna kuning berkedip yang dipasang pada alur lalu lintas, mengisyaratkan pengemudi harus berhati-hati.
  2. Lampu satu warna yang berwarna merah dipasang pada persilangan sebidang dengan jalan kereta api dan apabila menyala, mengisyaratkan pengemudi harus berhenti.
  3. Lampu satu warna dapat dilengkapi dengan isyarat suara atau tanda panah pada lampu yang menunjukan arah datangnya kereta api.

Memang hanya sekedar hati-hati, jadi ya tidak digubris. Sebisa mungkin simpang ini dipasang lampu 3 warna. Kalo dari karakter lalu lintas sepertinya sudah mencukupi. Barangkali menunggu anggarannya turun.

Iklan

8 pemikiran pada “Lampu Tembak! Muspro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s