Anak Sekolah Sekarang Apa Tidak Diajari Etika Sosial


nasib wanita hamil di angkutan umum

wanita hamil di angkutan umum (ilustrasi)

Senada dengan Igfar, menambahkan cerita 3 tahun lalu ketika saya masih di Ibukota. Heran dengan sikap anak muda sekarang terhadap orang lain yang semakin cuek.  Ceritanya begini: 

Suatu siang saya melakukan perjalanan menggunakan Transjakarta dari Halte Harmoni. Seperti biasa, lepas Harmoni memang penuh sesak. Saya juga kebetulan berdiri di dekat pintu belakang (Transjakarta Koridor 6). Selepas halte Monas, ada salah satu penumpang yang mana merupakan seorang ibu yang sedang hamil, walau belum terlalu besar namun sudah nampak jelas.

Di kursi paling belakang sebelum pintu, duduk dengan nyamannya sambil ngobrol, 3 atau 4 pelajar SMA. Mereka jelas tahu ada ibu hamil yang berdiri susah payah didekatnya.

Saya perhatikan mereka tetap asyik ngobrol tanpa perduli sekelilingnya. Saya agak memandangi mereka lalu beralih memandangi si ibu hamil, siapa tahu mereka agak tersentil. Ternyata anak-anak itu tetap cuek.

Akhirnya saya tidak sabar, saya ngomong ke mereka :”Hei ini ada ibu hamil nggak  pada kasihan apa!”

Akhirnya tanpa ekspresi, salah satu dari mereka berdiri . Kemudian sang ibu hamil baru duduk setelah Bus sampai di sekitar Sarinah.

Di buku-buku pelajaran semenjak SD sepertinya hal semacam ini selalu disinggung dan dicontohkan. Baik dalam pelajaran PMP, PPKn, IPS serta Bahasa Indonesia. Apakah sekarang pelajaran terlalu fokus mengejar nilai sampai lupa PRAKTEK BUDI PEKERTI?

Iklan

27 pemikiran pada “Anak Sekolah Sekarang Apa Tidak Diajari Etika Sosial

  1. Permasalahan ini sebetulnya lebih condong ke pendidikan di rumah. Kebanyakan anak jaman sekarang jarang dibimbing oleh orang tuanya, entah karena sibuk atau malas atau memang cuek, intinya karena kurang peduli sama anak, hasilnya jadilah anak yang kurang peduli pada lingkungan.

    Terima kasih sudah main ke blog saya ya mas Imam Maskur.

    Suka

  2. Hmmm…ya kek gini bang hasil dari penggusuran mata pelajaran PMP,budi pekerti, PKN..
    diganti matapel bahasa asing, yang membuat mereka juga asing dengan sodara senegara sendiri..asing dengan kepedulian asing dengan sikap sosialnya…

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s