[Daihatsu Espass] Efek Ganti Kabel Busi


tanjakan sokawera somagede banyumas

Pengalaman pertama kali membawa Espass ke desa kelahiran, wah mobil ini lemah di tanjakan. Masih kalah sama Futura yang sama-sama 1300 cc. Namun kalo baca-baca artikel harusnya lebih jago tanjakan Zebra-Espass, berarti ada masalah nih.

Ketika pergi ke Semarang, trek Wonosobo – Kertek juga ngos-ngosan. Pas di Semarang, ketemu pakar Zebra, mereka pun bilang Zebra lebih jago tanjakan daripada Carry. Sempat dioprek sedikit saja, namun hasilnya mantap, jalur Ambarawa – Jambu – Pingsurat – Temanggung mudah dilewati, jalur Temanggung – Parakan juga enteng, mulai keluar nih tenaganya.

Namun ketika mencoba jalur Wijahan – Karangsalam – Sokawera (jalur alternatif Selatan ke Purwokerto) yang menuju ke desa asal saya, kok ngos-ngosan lagi. Memang tanjakannya lebih curam. Malah setelahnya makin parah, makin tak bertenaga di tanjakan dan dataran. Setelah di cek ternyata kabel busi mati satu.

Kabel Busi zebra kaskus

Ganti kabel busi, satu saja namun efeknya cukup memuaskan. Mencoba trek Gunung Tugel – Purwokerto, gigi 4 eces saja melibasnya. Lanjut trek Kebumen – Karangtengah (Baturaden), gigi 3 juga lewat dengan santainya.

Test kedua lewat tanjakan di jalur Pasar Murya – Karangsalam (Kemranjen), gigi 2 pake ancang-ancang sampe menyentuh 4000 RPM, tanjakan curam tenyata bisa dilalui dengan gigi 2. Berhasil!!

Ternyata efek ganti satu kabel busi bisa menambah kemampuan mobil. Kesimpulannya selama ini kabel busi itu sudah parah, tidak maksimal menyalurkan arus. Kalo ganti ke-4 nya sepertinya lebih nampol.

Apalagi kalo tambah pasang TCI, ganti jarum skep yang sudah agak aus, juga ganti vacuum Delco yang juga sudah kurang baik, sepertinya tanjakan bukan masalah lagi.

Iklan

33 pemikiran pada “[Daihatsu Espass] Efek Ganti Kabel Busi

  1. Yth dr daihatsu zebra, mohon petunjuk dan solusinya, saya punya mobil daihatsu zebra thn 2005, ada sedikit masalah di radiator, kl saya pake jalan satai antara 70km/jam temperaturnya mormal, tapi kl dipakenya aga ngebut antara 100km/jam temperaturnya jadi naik imbasnya ke ac pun jadi ikut panas juga! Mohon petunjuk dan solusinya trimakasih dr zebra…

    Suka

  2. om…bengkel/rumahnya daerah mana ya…nek cedak tak mmpir.hehehe..
    esspasku klo ditanjakan habis tenaga…ke bengkel bengkel sekitarku paling utak utik nafur ae…mbok menowo bisa sharing ..gitu…nuwun sebelumnya……

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s