Kesialan Yang Dialami Ketika Bermotor


Badluck Dani Pedrosa
Sudah berapa lama bermotor? Tentunya sepanjang waktu itu banyak suka duka yang menyertainya. Kali ini kita bahas mengenai ke-sial-an yang kita alami sepanjang pengalaman kita bermotor.

Namun yang jelas kita tidak boleh menyalahkan kesialan tersebut, karena Tiada Sehelai Daunpun Yang Jatuh Dari Ranting Pohon Tanpa Seizin Allah (QS. al-An’am (6) : 59)

Berikut hal-hal tersebut sesuai dengan pengalaman saya

Kecelakaan Tunggal

wpid-Tiger-jatuh-baret-lampu.jpg

Pernah mengalaminya sejak mulai belajar naik motor sampai sudah dibilang mahir. Dari salah membelok, lewat jalan licin, lewat lubang, lewat jalan jelek bergelombang atau karena menghindari kendaraan lain. Yang terjadi umunya jatuh. Saya pernah jatuh sewaktu umur 17 tahun yang meninggalkan “ukiran” di wajah yang tidak hilang.

Kecelakaan Yang Melibatkan Pihak Lain

wpid-328535726-500x500.jpg

Bisa ditabrak atau menabrak, bisa dengan sesama motor, kendaraan lain maupun orang berjalan. Pernah juga mengalami diataranya menabrak sepeda di mulut gang, menabrak pojokan bus ketika mau nyalip, menabrak mobil di perempatan dan terakhir ditabrak anak muda di tambal ban.

Kehabisan Bensin

bensin eceran

Yang ini sering terjadi ketika masih sekolah, dimana uang sakunya ngepress. Kira-kira cukup namun ternyata harus nuntun.

Ban Bocor

wpid-2011-05-31-07.41.10.jpg

Beberapa kali mengalami baik jaman sekarang atau ketika SMU dimana ban yang sudah gundul tetap dipakai karen tabungan belum cukup untuk beli ban. Yang paling berkesan adalah malam hari jam 22.00, memboncengkan istri yang hamil tua, ban bocor. Akhirnya jalan sana-sini nemu bengkel yang bisa diketok pintunya, ganti ban dalam.

Rantai Putus

rantai-motor putus jgmotor

pict : jgmotor.co.id

Sangat jarang, namun ada yang sangat berkesan adalah kejadian ketika kuliah. Waktu itu malam minggu jam 8 malam, di jalan Punk Rock setelah STSI Solo, di turunan tiba-tiba engine brake hilang, losss. Ternyata rantai putus, karena bengkel sudah pada tutup akhirnya menuntun sampai kost di depan Gerbang UNS, mungkin sekitar 2 atau 3 km dan ada jalan menanjak sepanjang Jalan Mega. Karena malam minggu banyak pasangan berboncengan berlalu lalang…. sementara saya menuntun motor 😦

Kunci Rahasia Konslet

Ini akibat pakai motor pinjaman yang nggak tahu seluk beluknya. Ceritanya nyari buku di Gramedia Sriwedari Solo pinjam Vespa Super yang dipasang kunci rahasia. Berangkat oke saja, pulangnya dari Gladak sudah mulai trouble, isi bensin penuh tetap saja, akhirnya bisa jalan dengan sesekali mogok, mandi keringat. Sampai perempatan Sekarpace mati total. Sampai kost dicek sama yang punya motor dan lalu tertawa-tawa ternyata kunci rahasianya konslet.

CDI Lemah

Yang ini waktu SMU, di desa dimana jalan naik turun macadam. Motor nggak kuat nanjak, akhirnya dorong di tanjakan sampai lemah. Sampai jalan aspa baru bisa jalan walau nggak ada tenaganya.

Kunci Tertinggal Di Bagasi

Kunci Skywave kan model buka dari depan. Karena kebiasaan, turun dari motor, copot jaket, copot glove cabut kunci. Eh ada yang ngajak bicara, konsentrasi hilang jaket, glove dan kunci masuk ke bagasi lalu ditutup. Akhirnya telepon istri minta dianter kunci cadangan.

Koil Mati

Pas baru-barunya minang MX second, ceritanya lagi nyoba performa. Kenceng tapi tiba-tiba mati. Untung pas di depan Bengkel Resmi Yamaha. Masukin, koilnya nggak ada dan mahal. Googling ternyata bisa pake koil F1ZR yang lebih murah, awet sampai sekarang.

Begitulah pengalaman saya, bagaimana dengan anda?

Posted from WordPress for Android 2.3

Iklan

14 pemikiran pada “Kesialan Yang Dialami Ketika Bermotor

  1. pas pake moto gl max punya sodara,ditengah jalan tiba2 mati ndadak n ga bisa idup lagi,nuntun sampe ketemu bengkel trus di periksa,hasilnya,cdi di vonis sudah modar,
    beberapa bulan kemudian,pake gl max juga, ditengah jalan tiba2 mati,wes ga bisa di idupin,dituntun sampe rumah lalu paginya nyoba di stater idup lagi,perkiraan mungkin koil,kadung beli koil,ndilalah mati lagi,nuntun sampe ke ahass,ternyata setelah diperiksa,pulsernya yang kena,hadeuuuh…

    Suka

    • Rantai putus pernah, cari ke bengkel buat nyambung rantai.
      Sepul mati juga pernah, jam 12 malam, bengkel dah pada tutup, dorong motor sekitar 3 km, akhirnya nginep depan pom bensin, nunggu pagi.

      Suka

  2. Pernah waktu naik jet matic, nyantai ,saya lihat ada 3 orang anak bermain sepeda, mereka bersepeda di jalur kanan, 2 orang dari mereka lalu mengambil jalur kiri, jadi 2 orang bersepeda di jalur kiri dan satunya masih di jalur kanan, saat saya akan melewati mereka tiba tiba satu dari mereka yg berada di jalur kanan memotong ke jalur kiri, dan saat itu posisi saya sudah di samping si anak tadi….alhasil dabruggghhhh jatoh dah…si anak nangissss kejer, dan yg ngak habis pikir si anak ngk ada lecet, tp saya yg mengendarai motor harus bonyok di kaki dan tangan

    Suka

  3. Pertama naik motor umur 17, alhamdulillah dapat hadiah motor+sim.
    2 bulan naik motor, nabrak truk, karena truk ngerem ndadak dan lampu rem nya padam.meninggalkan bekas sedikit namun sakit…hahahahaha. dengkul retak.
    untuk bocor pernah 2x pas naik revo 100.
    double starter konslet dan nabrak ayam, nabrak kucing dan nabrak guk-guk pas naik shogun 110.
    naek Kaze “belalang tempur” busi mati 1x kena banjir tapi sudah siap stok busi jadi tinggal ganti dewe.
    dan Alhamdulillah naik beti ini belum ada masalah, karena motor baru kali ya….hahahaha

    Suka

  4. pernah di tubruk dari belakang (mau puter arah),
    kuakui aku yang salah, ngasih kode sein telat
    Hasilnya lampu sein kiri pecah bonus gigiku sukses menghantam stang 😀
    *jare anakku.. ” Hiiiyyy untune bpk Bolong” wkwkwkwk

    Suka

  5. Ping balik: Kesialan Yang Dialami Ketika Bermobil | Maskur's blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s