Recover File Flashdisk Dengan Recuva


Seminggu yang lalu, ketika mau pulang kerja cek flashdisk dulu, ternyata keluar seperti di bawah, ada yang corrupt sepertinya. Wah masalah nih, walau isinya nggak penting-penting amat dan ada file copynya di komputer dan laptop, namun file sudah dirapikan sehingga mudah dipakainya.

flashdick error

Dicoba beberapa software recovery  (termasuk Recuva) dan cara, malah UFD tidak terbaca. Tadinya mau dijadikan gantungan kunci saja Flashdisknya, tapi kok ndilalah tetap saya simpan di tas.

recuva-logo

Sampai akhirnya pagi ini saya coba, masih minta format, dan lalu saya format. Ternyata setelah diformat masih bisa dipakai. Teringat kembali software Recuva, dan Alhamdulillah sukses!

Caranya mudah saja. Download software Recuva di sini : RECUVA

Install dan jalankan

Recuva

Dan mulai scan, pilih deep scan maka file-file akan kembali, namun karena “terlalu dalam” bisa jadi file-file lama akan ter recover semua. Contohnya saja UFD saya file recovernya sampai 700 GB. Harus disortir satu-satu nih, tapi ada caranya kok.

Langsung ke Advanced mode, sortir saja menurut tipe filenya, pictures, document dan sebagainya. Langsung saja mulai Scan

recuva2

Akan muncul list file hasil scanningnya. Mau dipilih semua atau disortir dulu. centang file yang akan direcover dan klik recover. Pilih lokasi sesuai kemauan anda.

Recuva recovering progress

Selesai.

Recuva recovering finished

Ternyata mudah juga, cuma dari kemarin tidak kepikiran UFD-nya harus diformat dulu. File yang kita recover memang tidak bisa kembali rapi dan ada yang tidak bisa kembali, namun setidaknya kita tidak kehilangan isi Flashdisk kita 100 %.

Iklan

6 pemikiran pada “Recover File Flashdisk Dengan Recuva

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s