Pacitan Jalanan Yang Mulus, Pantai Teleng Ria, Pantai Klayar Dan Tikungan Sedeng


Teluk Pacitan 2

Pacitan, wilayah Jawa Timur sebelah barat ini baru pertama kali saya singgahi. Kalo lihat-lihat peta dan Google Map, ada sesuatu yang menarik yaitu Teluk Pacitan, seperti gambar diatas. Kalo kotanya, kesan saya adalah cukup tenang tidak terlalu ramai dan jalanannya mulus, bahkan sejak perbatasan Jateng – Jabar.

Ternyata tempat menginap saya berada di teluk Pacitan tersebut, tepatnya pantai Teleng Ria. Pantai berombak kecil dan berpasir putih ini cukup indah. Diapit dua gunung kapur yang tampak gagah dan juga diapit dua muara sungai.

Pantai Teleng Ria Pacitan

Bangun pagi, belum sarapan sudah menikmati matahari terbit atau sunrise dari balik gunung.

Pantai Teleng Ria Pacitan Sunrise

Perjalanan pulang, mampir dulu ke Pantai Klayar. 44 km dari Teleng Ria ini, melewati jalan mulus berkelok-kelok yang cukup sepi untuk cornering, bahkan dengan manuver illegal kata Amama (roda2blog.com). :mrgreen: Setelah 31  km kita masuk jalan desa yang sempit dan banyak jebakan, tapi menyenangkan.

Sampailah di pantai Klayar, kesan pertama saya adalah AIRnya BIRU! Sudah lama tidak menemukan pantai berwarna biru setelah Pantai Permisan Nusakambangan. Biru menunjukkan lautnya dalam. Pantai ini pasirnya putih, ombaknya besar dan banyak bukit-bukit kapur. Pantai ini juga cukup ramai dengan pengunjung dengan berbagai macam kendaraan.

Pantai Klayar Pacitan

Ada juga seruling laut yang merupakan lubang di batu yang berbunyi dan menyemburkan air dari bawah.

Pantai Klayar Pacitan Suling Laut

Sayangnya karena kondisi air pasang, kami tidak bisa mencapai seruling laut ini.

Namun, ada satu hal yang juga berkesan selain pantai-pantai tersebut yaitu jalur masuk ke Pacitan yang disebut tikungan Sedeng.
Tikungan Sedeng Gmaps

Dari semua tikungan tajam yang kami lewati sejak Jogja, tikungan inilah yang paling luar biasa. Turunan curam, jalan yang mulus dan lebar namun disambut dengan tikungan tajam berbentuk “S”. Saya bilang ini mirip ulir yang berbalik. Yang terlena dengan kemulusan dan lebarnya jalan, bisa celaka di sini. Alhamdulillah bisa melewatinya dengan selamat. Tikungan Sedeng

Dan kabarnya, tikungan Sedeng ini merupakan tikungan maut. Sering terjadi kecelakaan di sini bagi yang kurang menguasai medan atau kurang konsentrasi.

Demikian kesan saya tentang sedikit hal dari Pacitan.

Iklan

22 pemikiran pada “Pacitan Jalanan Yang Mulus, Pantai Teleng Ria, Pantai Klayar Dan Tikungan Sedeng

  1. udah pernah kesana.. lewat sana, brangkat lewat punung, melihat kota pacitan dari atas, menikmati tikungan dan turunan tajam, lalu pulangnya coneringan di jalur pringkuku, sepi alus.. maknyus…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s