Tower Kamuflase Pohon Randu


Pas buka-buka file, nemu foto ini. Nostalgia jaman di Jakarta antara 2006-2011. Jadi ingat sebuah thread di kaskus tentang tower komunikasi kamuflase. Jadi ingat juga, karena kebetulan dulu kerja di Telco bagian tukang batu, tepatnya tukang gambar, ada file-file desain tower kamuflase yang kebanyakan untuk daerah Bali, dan bentuknya bisa jadi bikin kita tertawa. 😆

Tower Kamuflase Senayan

Eh ternyata, tidak usah jauh-jauh ke Bali, di bundaran senayan ada barang nyatanya. Pohon randu di belakang Patung Obor (Patung Pemuda Membangun) itu seperti pohon randu. Namun kalo di perhatikan dengan cermat, itu pohon bohongan, dan di dahan bagian atasnya ada Antenna Telekomunikasi.

patung pemuda senayan

sisi lain dari jakartasemua. blogspot. com

Entah sekarang masih ada atau tidak, mungkin orang-orang tidak akan memperhatikannya. Karena tower itu bukan sesuatu yang menarik, pohon juga bukan sesuatu yang menarik. Apalagi di sekitar bundaran ini labih banyak hal-hal yang menarik.

Patung Pemuda Membangun, Jl. Sudriman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Kalo diperhatikan lagi, di jakarta sebenarnya banyak benda-benda yang sepertinya digunakan sebagai tower samaran. Bisa berupa tiang lampu, tiang reklame dan semacamnya. Misalnya di Thamrin sekitar Sarinah dekat perempatan Kabon sirih. Namun bentuknya memang tidak “nyeni” atau kaku. Kalo di daerah lain, seringnya tower telekomunikasi di ikutkan menera masjid, dan bisa jadi Antenna Microwave itu dikira TOA.

Tower kamuflase itu dibuat untuk mengakali regulasi yang ada. Karena sektor Telco itu adalah sektor yang MUAHAL, makanya banyak regulasi yang diterapkan. Dan banyak celah yang dimanfaatkan oleh oknum-oknum dari berbagai pihak.

Iklan

4 pemikiran pada “Tower Kamuflase Pohon Randu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s