Nonton Live Wayang Kampung Sebelah


Kamis Malam 15 Mei 2014 ada live Wayang Kampung Sebalah di pendopo Kecamatan Cilacap Utar, sebelumnya saya sudah dapat infonya dari seorang kenalan. WKS ini rutin tayang di MNCTV.

WKS - 01

Jam 8 saya ke sana, tadinya mau sendiri tapi anak-anak ditawari katanya mau, akhirny ke sana bawa keluarga. Jadwal  tertulis 19.30, namun crewnya masih makan malam. Akhirnya sekitar jam 20.30 dalang dan pasukannya naik panggung, dibuka dengan beberapa lagi kreasi sendiri dan lagu dolanan anak, dilengkapi dengan pesan moral oleh Ki Dalang. Kemudian pentas wayang dimulai.

Namanya wayang, tapi wujudnya orang seperti kartun, bukan stilasi seperti wauyang kulit. Alat musiknya bukan gamelan.

WKS - 02

Bonang, bass, drum dan kendang.

WKS - 04

Saxopphone.

WKS - 03

Acordion dan Gitar.

Ternyata para crew ini memang para penggiat seni. Ada yang guru, ada yang mahasiswa, ada yang siswa SMK kesenian. Dan beberapa diantanya berprestasi seperti juara band dan juara gitar.

Isi cerita wayang ini, berkisah tentang kehidupan sehari-hari di sekitar kita. Jadi tokohnya ada tetua masyarakat, hansip, preman, pak RT dan pak Lurah. Dikemas dengan sajian yang lucu dan kreatif, membuuat penonton terhibur.

Saya dari awal sudah mewaspadai jangan-jangan anak-anak kurang suka dan minta pulang. Ternyata mereka antusias dan tertawa terbahak-bahak ketika ada adegan lucu. Kendala bagi mereka adalah bahasa yang digunakan, bergaya Solo maupun Krama Alus, ada yang tidak mereka ketahui.

WKS - 06

Ki Jalitheng Suparman, apa tumon dalang kok ngadep laptop. Laptop buat apa? Ternyata buat nyetel suara gamelan ketika dibutuhkan.

WKS - 05

Lho kok ada Baladewa sama Pragota? Ini tuh kisahnya lagi latihan wayang orang dalam rangka pentas. Ternyata Ki Jalitheng ini pintar juga mendalang wayang “beneran”, walau iringannya dari laptop.

WKS - 07

Penontonnya lumayan banyak. Awalnya tampak para orang seni yang datang, namun lama-lama kursi terisi penuh oleh orang-orang sekitar.

Pentas rencana dilaksanakan selama 2 jam, namun saya pulang lebih awal karena anak-anak sudah mengantuk.

Iklan

2 pemikiran pada “Nonton Live Wayang Kampung Sebelah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s