Motuba Itu Sarana Pembelajaran


 Motuba, apa pula itu? Motuba ada adalah mobil tua bangka, konotasi dari mobil yang sudah berumur. Memelihara itu (anggap saja) ada seninya dan menjadi saran pembelajaran.

Motuba Banyumasan 00

Suatu pagi, kakak ipar yang seorang guru ngomong, katanya tertarik program Bagimu Guru dari Suzuki, yang intinya menawarkan mobil baru berupa Karimun Wagon R dan Ertiga kepada para Guru dengan paket khusus. Di bilang daripada beli mobil bekas kan musti sering ke bengkel, mending beli baru yang bebas perawatan.

Diantara anak-anak dan menantu mertua mungkin memang saya yang paling tidak mau repot dengan urusan mencicil, motor beli bekas, mobil beli bekas, elektronik beli yang murah. Yang lain, motor jelas baru, elektonik yang bermerk. Dan mereka mungkin sering lihat saya bermasalah dengan mobil tua saya, sering ke bengkal lah, sering susah hidup lah dll.

Kalo saya sendiri jelas memilih motuba, karena:

  • Pertama jelas mampunya ini, mampu belinya, mampu bayar pajaknya. Ada yang bilang :”Itu si A, sama-sama …. gajinya sama-sama …, pendapatan lain juga tidak ada, tapi mempu beli baru.” Yah mungkin mampu mencicil, namun otak ini sepertinya tidak mampu menjangkaunya. Belum lagi pajak tahunannya yang jutaan, kalo motuba bisa jadi cuma ratusan ribu.
  • Sarana pembelajaran, dengan motuba saya kenal penyakit mobil, belajar mengatasi masalah mobil (walau akhirnya ke bengkel juga), kenal karakter mobil, belajar menerima kekurangan, belajar memahami bahwa saya bukan siapa-siapa di jalan dibandingkan mobil-mobil bagus itu.

Setidaknya jika sudah mampu beli mobil baru, saya sudah ada dasar ilmunya. 

10 pemikiran pada “Motuba Itu Sarana Pembelajaran

  1. Kadang pemikirannya yg beli baru adalah ogah ribet dan berkurang duitnya buat ngurus motuba yang katakanlah gak free maintenance. Kecuali dapat yang joss bebas masalah, ya lumayan duitnya gak kesedot buat benerin ina itu.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s