Dominasi Di F1 Dan MotoGP, Mana Yang Lebih Membosankan?


f1 vs motogp

Melihat data juara dunia dari tahun 1994 – 2013, antara Formula 1 dengan MotoGP, tampak ada 4 orang yang bisa disebut mendominasi: Schumacher dan Vettel dari F1 serta Michael Doohan dan Valentino Rossi dari MotoGP. Banyak yang menyebut dominasi itu membosankan, jadi diantara merek bertiga itu siapa yang paling membosankan.

Michael Schumacher mendominasi F1 7 kali, 2 kali dengan team Benneton serta 5 kali dengan team Ferrari. Era 2000-2004 ini Schumacher dan Ferrari begitu mendominasi dengan mesin hebat, didukung crew yang bagus serta pembalapnya yang juga jempolan. Namun sayang ada team order di sana yang mana bisa dianggap sesuatu yang kurang fair.

Sebastian Vettel mendominasi F1 sejak 2010 sampai 2013 (dan agak melempem tahun ini) dan memecahkan rekor juara dunia termuda. Mungkin ada semacam Team Order di team Red Bull, namun seringkali Vettel bersaing dengan Webber.

Michael Doohan bersenjatakan NSR 500 bermesin Screamer bagaikan anak panah selepas start, tidak ada yang bisa menghentikannya. Menjadikannya dominan dari 1994 sampai 1998. Bahkan ketika dia cacat kaki-pun dia masih bisa juara. Faktor mesin? Ya bisa jadi benar, Honda selalu mempunyai mesin yang selangkah lebih maju, buktinya ketiak Doohan retired, Crivile bisa meneruskan dominansi Honda. Namun mesin jaman dulu perlu Skill lebih untuk menjinakannya. Yang agak kurang mungkin karena tipe pembalap ngacir, start-melesat-menang.

Valentino Rossi, hadir di era dimana informasi makin berkembang. Dominan dengan mesin Honda 2 tak, lanjut dominan 2 kali dengan mesin Honda 4 tak. Ketika terlihat sudah membosankan, secara mengejutkan dia menyebrang ke rival, Yamaha, dan masih bisa juara 2 kali. Ketika Rossi telah 5 kali juara, tibalah saat kesialan tiba, problem motor di 2006 dan lawan yang luar biasa di 2007 mengentikan dominasinya. Sampai kemudian dia come-back di 2008 dan 2009. Kelebihan Rossi adalah aksinya yang menarik, tidak cuma start and go, tapi ada juga fight dengan pembalap lain. Kekurangannya adalah dia gagal total di Ducati.

Jadi, siapa yang paling membosankan?

Iklan

8 pemikiran pada “Dominasi Di F1 Dan MotoGP, Mana Yang Lebih Membosankan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s