Bulan Ramadhan, AWAS! Tutup Telinga


Tutup Telinga

Selain menjaga mata dan mulut, telinga juga harus dijaga dari mendengar hal-hal yang buruk. Gosip tetangga, ghibah teman atau yang sedang hot, membahas pilpres memang bisa kita dengar kapan saja. Kenapa kita harus menghindarkan diri dari “suara-suara” yang buruk?

Telinga itu pintu masuk suara yang akan direkam di otak, seperti halnya microphone yang menangkap suara lalu menyalurkannya ke otak untuk disimpan. Nah simpanan data ini bisa keluar sewaktu-waktu.

Jika kita mendengarkan hal buruk bisa jadi hal buruk tersebut akan muncul melalui mulut kita. Misal kita biasa mendengar orang mengumpat, maka ketika menghadapi sesuatu yang memancing kemarahan, bisa jadi umpatan yang sama keluar dari mulu kita. Contoh kejadian saja : jika kita setiap hari mendengarkan musik yang sama di lingkungan kita, walau kita tidak memperhatikannya dengan serius, kita bisa jadi hapal dengan musik tersebut. Betapa hebatnya telinga dan otak kita.

earphone

Mungkin ada baiknya kita beli earphone, misal kita kerja di depan komputer, daripada mendengar teman sekitar menggosip, mending kita menyetel bacaan Al Quran. Misal yang belum hafal suatu suratan, setel-lah salah satu, dengar berulang-ulang siapa tahu kita langsung hafal. Tapi jangan lupa cek bacaannya di Quran yah biar benar tajwidnya.

Iklan

2 pemikiran pada “Bulan Ramadhan, AWAS! Tutup Telinga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s