Orion vs Wluku, Pemburu Vs Pembajak, Karena Imajinasi Orang Berbeda-beda


Pagi dini hari di bulan Juli ini, ketika kita mengamati langit malam di arah timur, akan kita dapati sebuah rasi bintang yang cukup besar, dengan 4 bintang memmbentuk kotak dan 1 deret berisi 3 bintang di tengahnya, lalu ada deret bintang yang kurang terang tegak lurus dengan 3 bintang tadi. Dalam ilmu astronomi, konstelasi ini dikenal dengan nama Orion. Orion Photo

Orion adalah bahasa Yunani yang artinya pemburu. Namun, dalam astronomi tradisional kenapa rasi bintang ini disebut Waluku/Wluku yang artinya Bajak (alat untuk membajak sawah)?Orion Wluku sawah

Sangat jauh berbeda, hasil imajinasi antara orang Yunani kuno dengan orang kita di masa lalu. Yah, semua karena imajinasi dan orientasi yang berbeda.

orion imagination character

Pertama kita bahas tentang nama Orion atau pemburu. Rasi bintang ini berada tepat di atas kepala kita yang ada di khatulistiwa. Jadi posisi empat bintang pembentuk kotak itu menjadi LANDSCAPE (melintang). Sedangkan di Yunani yang notebene di belahan bumi utara, posisi Orion ini pasti agak ke selatan. Jadi memungkinkan posisi bintang kotak menjadi posisi POTRAIT (tegak).

Hal ini memunculkan imajinasi untuk seorang pemburu seperti gambar di atas. Karena tiga bintang di tengah akan menjadi sabuk  sedangkan empat bintang kotak menjadi pundak dan lutut. Didukung oleh budaya mereka dimana ada pekerjaan seseorang menjadi pemburu.waluku (2)

Seperti tersebut di atas, posisi konstelasi orion di Indonesia dalam posisi LANDSCAPEJadi dari terbit sampai tenggelam posisinya melintang. Jauh kiranya kalo akan menjadi gambar orang. Didukung kemunculan rasi ini, dulu bertepatan dengan awal musim tanam. Jadilah imajinasi nenek moyang kita menjadi seperti ini.

waluku (2) crop

Yang tengah adalah wlukunya, sedangkan kotak di sekitarnya menggambarkan petak sawah.

Oh iya, anak jaman sekarang mungkin tidak tahu wluku, karena sekarang membajak sawah tidak lagi menggunakan alat ini namun dengan traktor tangan. Alat bernama wluku ini kurang lebih seperti foto di bawah ini.

Wluku

Oh iya, di Indonesia, Rasi Orion atau Wluku ini bisa juga digunakan untuk menentukan arah.

orion penunjuk arah

Bagian atas yang lancip searah dengan bintang merah Betelgeuse menunjukkan arah utara, dan sebaliknya arah selatan. Jika posisi rasi bintang ini di atas kepala kita, posisi Betelgeuse (bintang merah) ada di sebelah timur.

Referensi : mutoha.blogspot.com

Iklan

5 pemikiran pada “Orion vs Wluku, Pemburu Vs Pembajak, Karena Imajinasi Orang Berbeda-beda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s