Astronomi, Beruang, Gayung Atau Perahu


Beruang Gayung Perahu

Beruang, perahu dan gayung, apa hubungannya? Ini adalah tentang imajinasi manusia memandang tanda-tanda alam dalam hal ini suatu gugusan bintang. Ada salah satu rasi bintang yang cukup besar yang bisa kita lihat di langit utara, dan rasi bintang tersebut sudah diatur oleh Allah sang pencipta, agar bisa menunjukkan arah Utara, tentunya bagi manusia yang bisa membacanya.

Rasi bintang tersebut, bentuknya seperti ini, ini adalah view dari negara kita dimana posisi kita termasuk belahan bumi tengah cenderung selatan. Versi mitologi menyebutnya dengan nama Ursa Mayor atau Beruang Besar, versi lain menyebutnya Big Dipper alias Gayung Besar sedangkan versi nelayan Indonesia menyebutnya Bintang Biduk.

Ursa Major Stars

Terdiri dari 7 bintang terang, dengan bintang utamanya dinamai dengan Dubhe (yang berwana merah). Arah kutub utara ditunjukkan jika ditarik garis lurus dari bintang di atas Dubhe, melintasi Dubhe itu sendiri ke arah bawah, maka akan tepat di Bintang Kutub Utara yang disebut dengan Polaris.

Biduk

Kenapa disebut Beruang Besar? Kita simak garis khayalan versi Eropa kuno berikut:

Ursa Major (1)

Melibatkan bintang lain di sekitarny, terbentuklah image Beruang. Kenapa ada kata Besar-nya, rupanya di sebelahnya ada konstelasi lain yang mirip namun lebih kecil yang disebut Ursa Minor atau Beruang kecil.

Versi lain menyebutnya sebagai Big Dipper

Ursa Major (1)

Kalo ini memang lebih mirip, kotak dengan gagangnya sangat mirip dengan Ciduk atau gayung bergagang panjang seperti ini

dipper

Dan sama juga, ada Big Dipper dan Little Dipper karena ada image yang sama secara berdekatan.

Yang terakhir, versi lokal, disebut Biduk. Biduk itu perahu, jadi mungkin garis imajiner versi nelayan kita seperti ini;

Bintang Biduk

Atau seperti biasanya, penamaan versi lokal seringkali dihubung-hubungkan dengan hal lain yang seolah tepat atau bahkan hal gaib, istilahnya Othak-athik gathuk. Dan kembali lagi, karena berpasangan, ada nama Biduk Besar dan Biduk kecil.

Iklan

6 pemikiran pada “Astronomi, Beruang, Gayung Atau Perahu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s