Senjata Pemusnah Masal


Pencari Kroto

Buka-buka galeri, terselip penampakan laki-kali yang bejalan nyeker, membawa galah dengan ujungnya terdapat sebuah wadah berbentuk kerucut berbahan semacam kain kassa. Yah mereka adalah PPK, atau Para Pencari Kroto. Dan saya sebut galahnya itu adalah senjata pemusnah massal.

Dulu sekali, jaman masih kecil, sangat mudah kita jumpai Semut Rangrang di kerimbunan pohon. Bahkan 10 tahun yang lalu ketika saya baru saja ber-KTP Cilacap, disekitar rumah kebetulan banyak pohon, juga sangat banyak semut berwarna merah dengan ukuran besar ini bersarang.

Semut Rangrang

Sejak PPK itu makin marak, berkelana dari pohon satu ke pohon lainnya, Semut Rangrang di sekitar rumah saya menghilang. Bahkan ketika pergi ke desa-desa, makin susah bertemu dengan semut yang jika menggigit lumayan sakit ini.

Apa tidak berpikir lama-lama semut ini benar-benar punah, jika punah maka para PPK ini akan kehilangan sumber pemasukan. Apa tidak bepikir untuk diternakan di pohon dan membiarkannya berkembang lalu memanen sebagiannya. Memang banyak yang membudidayakan semut ini secara portable di toples.

Tapi sepertinya keberadaan semut ini di alam liar bisa jadi ikut menyeimbangkan keadaan alam. Era Kapitalisme ternyata menyentuh seluruh bidang, bahkan sampai ke Semut

 

Iklan

10 pemikiran pada “Senjata Pemusnah Masal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s