Permasalahan Pada Lampu Mobil


Lampu celong kijang

Pada sebuah mobil umumnya terdapat beberapa sistem lampu antara lain : Lampu Head Lamp, Lampu Kecil /Lampu Kota (TAIL), Lampu Sein (TURN), Hazzard, Lampu Stop / Lampu Rem, Lampu Mundur / Lampu Atret, Lampu Plafon, Lampu Fog Lamp / Lampu Kabut dan lain-lain. Untuk menjaga / merawat mobil anda supaya lampu-lampu yang ada tetap nyala dan berfungsi dengan baik perlu anda ketahui beberapa masalah yang sering terjadi pada sistem lampu kendaraan anda.

LAMPU HEAD LAMP / HEAD LIGHT

Lampu Head Lamp pada mobil yang standard umumnya berdaya 55/60 watt, sedangkan yang telah dilengkapi dengan relay lampu biasanya menggunakan lampu berdaya 90/100 watt sehingga lebih terang. Jadi apabilakendaraan / mobil anda masih menggunakan lampu standard (55/60 watt) dan akan diganti dengan lampu yang berdaya lebih besar (90/100 watt) sebaiknya ditambah/pasangKABEL RELAY LAMPU untuk menjaga keamanan kendaraan anda.

Masalah yang sering terjadi pada lampu Head Lamp antara lain :

  • Lampu tidak nyala (mati) kedua-duanya, kanan dan kiri (mati total).
  • Lampu nyala sebelah atau redup sebelah (lampu kanan atau kiri saja yang nyala).
  • Hanya lampu dekat (Low) saja yang nyala.
  • Hanya lampu jauh (High) saja yang nyala.

Untuk mengetahui penyebab kerusakan yang terjadi pada lampu Head Lamp bisa kita test dengan menggunakan Testpen untuk memastikan apakah penyebab tidak nyalanya lampu itu pada bohlamnya yang putus (mati) atau sekring (fuse) yang putus, ataumungkin jalur kabelnya yang bermasalah. Jika mobil anda dilengkapi dengan relay lampu, bisa juga terjadi kerusakan pada jalur Kabel Relay atau relaynya yang rusak. Anda bisa melakukan test pada bagian soket lampu Head Lamp dan pada sekering (fuse) untuk mengetahui apakah terdapat arus (stroom) atau tidak pada jalur lampu tersebut.

LAMPU KECIL / LAMPU KOTA (TAIL)

Lampu kecil ini banyak terdapat pada kendaraan / mobil anda, ada pada bagian depan kanan dan kiri, bagian belakang kanan dan kiri, serta dibagian dalam (Dashboard). Lampu ini biasanya menggunakan bohlam yang berdaya kecil akan tetapi sangat penting fungsinya terutama untuk bagian belakang mobil anda. Permasalahan yang sering terjadi pada lampu ini biasanya pada bohlam atau sekering yang putus sehingga menyebabkan lampu tidak nyala. Sedangkan penyebab kerusakan yang lain bisa terjadi apabila ada kesalahan penyambungan jalur yang menyebabkan korslet pada jalur lampu tersebut.

LAMPU SEIN (TURN) DAN HAZZARD

Pada umunya lampu sein ini terdapat di bagian depan kanan-kiri dan bagian belakang kanan-kiri kendaraan anda dan menyala dengan warna kuning, ada pula yang terdapat di bagian samping mobil anda. Lampu ini berfungsi sebagai tanda pada waktu kendaraan mau belok ke kanan atau ke kiri, atau pada waktu mau menyalip kendaraan yang ada di depan kita. Sedangkan lampu hazzard berfungsi sebagai lampu peringatan atau lampu bahaya. Permasalahan yang sering terjadi pada lampu ini biasanya tidak nyala disebabkan bohlam yang putus atau sekeringnya yang putus. Apabila lampu nyala tetapi tidak ngedip kemungkinan terdapat kerusakan atau masalah pada Flasher, atau jika ngedip terlalu cepat kemungkinan ada salah satu bohlam/lampu yang tidak nyala.

LAMPU STOP / LAMPU REM

Lampu ini terdapat pada bagian belakang kanan-kiri kendaraan anda, berfungsi sebagai tanda pada waktu kendaraanakan akan berhenti atau pada waktu menginjak rem. Lampu ini sangat penting karena memberi tanda pada kendaraan yang ada di belakang kita agar berhati-hati pada waktu kita menginjak rem. Permasalahan pada lampu ini jika tidak nyala biasanya hanya bohlam atau sekering saja yang putus, tetapi ada juga yang disebabkan oleh switch rem yang rusak atau bermasalah.

LAMPU MUNDUR / LAMPU ATRET

Lampu ini hanya terdapat pada bagian belakang kendaraan anda dan berfungsi sebagai tanda bahwa kendaraan anda mau atau sedang berjalan mundur, terutama pada waktu mau parkir. Jika lampu ini tidak nyala bisa disebabkan bohlam atau sekring yang putus dan kemungkinan lain terdapat masalah pada switch mundur yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

LAMPU FOGLAMP

Tidak semua mobil ada / mempunyai kelengkapan Lampu ini, jadi apabila pada kendaraan anda terdapat lampu foglamp atau anda ingin menambah / memasang lampu Foglamp baru, ada baiknya anda perlu perhatikan beberapa hal berikut ini : Sebaiknya gunakan lampu yang sesuai standard mobil anda, biasanya untuk lampu yang standard berdaya 55 watt, jika ingin mengganti dengan daya yang lebih besar sebaiknya dilengkapi juga dengan Kabel Relay untuk menjaga keamanan kendaraan anda agar tidak terjadi korslet atau kabel panas/ terbakar karena kelebihan beban.

Sumber : Thread Group D’Zebrakusers
Iklan

7 pemikiran pada “Permasalahan Pada Lampu Mobil

  1. mas … klo mobil aku punya masalah saat injak rem lampu depan yg nyala, dan saat dinyalakan lampu depan, sekring lampu stop putus, sudah ganti sekring dari 10 ampere s.d 20 ampere tetep putus, mohon pencerahan, trims

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s