Seribu Akal


Buku Seribu Akal
SERIBU AKAL
Judul di atas adalah salah satu judul buku cerita favoritku sejak kecil. Buku ini bukan buku yang terkenal, aku pun tahu setelah ayahku membawa buku-buku yang terbengkalai tak terurus di perpustakaan sekolah beliau mengajar, karena beliau tahu aku doyan sekali membaca, bahkan makan pun sambil membaca.

Buku ini bukan buku komersil, karena ada label di atasnya yang menegaskan “Milik Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Tidak diperdagangkan, INPRES Nomor 7 Tahun 1983”. Penulisnya tertera CM. Nas. Hanya itu saja yang kutahu seputar penulis karena tidak ada biografi yang disertakan, bahkan buku ini pun sudah tak bersampul. Berikut ini adalah identitas jelas mengenai buku tersebut :

Judul : Seribu Akal
Penulis : CM. Nas
Penerbit : Kurnia Esa Jakarta
Cetakan : Pertama = 1981, Kedua = September 1982, Ketiga = 1984
Tebal : 76 halaman

Buku ini buku sederhana saja, buku cerita anak-anak. Tapi yang membuatku suka hingga sekarang adalah bahasanya yang segar, lugas, isi ceritanya yang khas dengan dunia anak-anak. Yah, tapi penilaian seperti itu kan relatif, menarik untukku, belum tentu menarik untuk anda semua, bukan?

Aku ingin menuliskan lagi cerita-cerita di dalamnya bukan karena maksud apa-apa, hanya ingin berbagi dan berjaga-jaga. Ya, berjaga-jaga karena buku ini sudah sangat tua, rapuh, jadi ketika suatu mungkin buku ini sudah benar-benar rusak atau bahkan hilang (karena kebiasaan burukku yang suka emnaruh buku sembarangan), aku masih bisa tenang karena punya salinannya di dunia maya 🙂

Yang tertarik, silakan mengikuti postingan-postinganku yang selanjutnya mengenai cerita-cerita dalam buku “Seribu Akal” ini. Isinya cerita-cerita pendek, jadi gampang diikuti.

Selamat membaca…. ^_^

Iklan

5 pemikiran pada “Seribu Akal

  1. Selamat malam mbak…..buku itu adalah buku memory saya waktu sd….sekarang hilang entah kemana…..sampai saya nemu blog ini…….bolehkan saya memiliki copynya……..?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s