Mengenang Championship Manager 4, Seperti Sebuah Ramalan


championship manager 4

Dulu tahun 2002-2003 anak satu kos pada hobby main game Championship Manager 3. Saya kurang begitu tertarik melihat “seorang manager” klub sepak bola yang memperhatikan grafik bar yang bergerak kanan kiri sepanjang pertandingannya. Kemudian muncul pembaharunya yaitu CM 4 dimana saya mulai mencobanya.

CM 4 lebih menarik karena ada grafik pergerakan pemain berbentuk seperti ini:championship manager 4 screen

Intinya saya tahun 2003 kecanduan game ini, bahkan sampai begadang semalaman. Padahal ketika itu adalah masa merampungkan skripsi. Akhirnya memang saya agak telat merampungkan skripsinya, jadi wisuda musti nunggu periode berikutnya yang jaraknya 3 bulan. Setelahnya saya memang tidak lagi menyentuh game ini, namun musim yang saya lalui di CM 4 itu cukup panjang. Banyak pemain-pemain antah berantah yang saya pakai di team saya (Deportivo La Coruna ketika itu) dan berkembang menjadi pemain bagus.

Yang unik ternyata beberapa pemain tadi muncul beneran dan banyak yang menjadi pemain top. Yang lebih unik lagi ternyata beberapa pemain tadi juga benar-benar bergabung dengan Deportivo La Coruna. Saya sudah lupa siapa saja tapi rasanya jadi deja vu melihat mereka berseragam biru putih dari Galicia.

Haris_Medunjanin

Yang terbaru adalah pagi ini saya melihat Livescore.com dan melihat line up Deportivo La Coruna ada Haris Medunjanin. Dulu saya ingat banget ketika main CM4 saya pasang pemain ini sebagai pemain gelandang /sayap. Dan ternyata menjadi kenyataan di dunia nyata.

Salut untuk pembuat game tersebut, karena pemain-pemian muda dari antah berantah ternyata memang benar-benar ada.

Iklan

12 pemikiran pada “Mengenang Championship Manager 4, Seperti Sebuah Ramalan

  1. saya retired dari CM setelah ada FM dan memang lebih bagus FM…retired dari FM sejak ngeblog, soalnya menghabiskan waktunya total!! Hehehe…
    Apakah akan balik lagi? Sepertinya tidak dalam waktu dekat….

    Suka

  2. Databasenya real..waktu saya main dulu pasti beli pemain Indonesia kaya BP buat dibawa ke Ngeropah, terus ngedit klub kecil, nama-namanya diganti nama penghuni kosan, skill ditambah, mulai main dari divisi 2 sampai juara Liga champion :mrgreen:

    Suka

  3. Ping balik: Samsat Cilacap Kembali Menggunakan Sistem Cepat | IM Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s