Khutbah Basa Sunda


khutbah-jumat

 ilustrasi

Cilacap, mempunyai bahasa daerah yang bermacam macam, yang secara global bisa digolongkan menjadi Bahasa Jawa Banyumasan dan Bahasa Sunda. Di wilayah peralihan semacam Majenang atau Wanareja, banyak dijumpai orang yang bisa bahasa Jawa sekaligus Sunda, namun di wilayah yang lebih barat lagi, semacam Dayeuhluhur, keseharian yang terdengar adalah bahasa Sunda.

Sebagai orang asli Banyumas, saya jelas berbahasa Jawa. Karena seringnya saya ke wilayah “barat” tersebut, walau sedikit saya paham makna kata-kata Sunda yang umum digunakan penduduk setempat. Namun apa jadinya ketika waktunya Shalat Jumat di wilayah full Sunda, pedesaan lagi?

Khutbah di wilayah Jawa saja menggunakan bahasa halus. Di wilayah Cilacap-Sunda ternyata sama juga, kata-kata yang digunakan bukan kalimat keseharian, perlu konsentrasi penuh nih biar kata-kata khatib ada yang nyantol di otak. Efeknya sebenarnya bagus, jadi kita benar-benar memperhatikan kata-kata khatib, sesuai adab mendengarkan khotbah Jumat. Namun ya itu, ada kosa kata yang tidak bisa dipahami, walaupun intinya bisa dimengerti.

Ini bukan kejadian pertama sebenarnya. Pernah saya mengikuti suatu diklat di Bandung, waktu shalat Jumat kita sedang meninjau lapangan di Cadas Pangeran, jadilah ikut jamaah di masjid setempat. Khatibnya menggunakan bahasa Sunda, yang bahkan lebih halus dari yang di Dayeuhluhur. Namun untungnya sang khatib cukup cerdas, melihat ada bus rombongan “orang asing” beliau kemudian merubah bahasa khotbahnya menjadi Bahasa Indonesia.

Memang musti belajar nyarios Sunda nih…

Iklan

7 pemikiran pada “Khutbah Basa Sunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s