Pelindung Cross Joint Untuk Keamanaan


Cross Joint

Cross Joint (disebut juga spider) , apa itu? Logam berbentuk seperti tanda plus (+) ini berungsi ntuk menghubungkan dua as yang tidak segaris sumbu as nya. Menghubungkan gearbox dengan propeller shaft (as kopel) dan mempunyai karakter sebagai as sehingga memungkinkan as kopel bergerak naik turun. Cross joint yang rusak lalu lepas ketika jalan, bisa menyebabkan kejadian fatal, seperti derita berikut dari grup ZEC

ZEC Iwan Sitepu :
Soal cross joint, saya pernah maksa pake Zebra ’88 ke Sibolga (400 km dari Medan) dalam kondisi cross joint mulai oblak. Menjelang Tarutung (sekitar 300 km dari Medan) jalan menurun panjang setelah sebelumnya mendaki bukit barisan, kecepatan rata2 60-80 km/j, begitu tiba di kota Tarutung terjadi getaran super hebat dari bagian belakang. Setelah menepi & ngolong, ternyata cross joint yang oblak itu sudah ‘bubar’, topi-nya pada terbang & dudukan (yoke)-nya ada yang sampai patah. Nasib baik, pas berhenti itu tepat di depan toko spare parts Daihatsu & kebetulan parts yang dibutuhkan tersedia. Kena ‘penalty’ 1 jam lah buat ganti. 

Saran saya, segera ganti kalau sudah oblak, terutama jika yang kena cross joint yang bagian depan. Jika putus, as kopel bakal menghantam aspal, sangkut dan mendorong gardan. Lahar2 & gear-nya bakal pada merana. Atau bahkan mobil bisa terjungkit & terguling. Kalau putus & sangkut di atas rel KA sementara KA-nya sudah dekat? Hi….. Maka itu para supir truk biasa memasang rantai kecil melintang di bawah as kopel bagian depan supaya jika mendadak putus tidak menghantam aspal. Kalau yang putus bagian belakang, paling2 cuma as kopel jatuh& ketinggalan terus diambil tukang loak he..he..he…..

Tentang pelindung kopel dari kemungkinan cross joint lepas, bisa diacontohkan dari grup Dzeko ini : Ide Om Joko Tingkir demi keamanan kalau cross joint depan lepas, kopel tdk jatuh ke jalan yg menyebabkan kecelakaan, pakai selongsong kabel kopling motor.

Pelindung Cross Joint Zebra

Mungkin bisa dibuat dengan yang lebih kokoh misal besi bulat atau rantai yang dipasnag dengan baut.

Semoga berguna

Iklan

10 pemikiran pada “Pelindung Cross Joint Untuk Keamanaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s