Kenapa Mobil Bermoncong Lebih Empuk


Ngobrol dengan orang yang paham permobilan, pedagang mobil atau orang bengkel mobil, hampir semua bisa disimpulkan kalo mobil tanpa hidung (bonnet) itu keras suspensinya dari pada semi bonnet atau yang ber-bonnet. Contohnya adalah mobil van semacam Carry itu jelas kalah empuk dengan sedan, atau Avanza vs APV seperti foto diatas, jelas empuk Avanza. Kenapa ya kira-kira jawaban ilmiahnya? wpid-avanza-tabrakan-apv.jpg

Kalo sedan vs Minibus pastilah dia beda kelas, jadi suspensinya pun pasti lebih canggih sedan atau istilahnya Advanced. Lha kalo sekelas namun beda tipe bonnet itu kira-kira gimana? Karena kurang paham ilmu mekanika, saya pakai cara otak atik gatuk saja.

Prinsip tuas kelas ke 3Prinsipnya pakai pesawat sederhana berupa tuas, atau gampangnya pakai model lengan ayun. Prinsip tuas jika lengan (jarak antara titik tumpu dengan beban) makin panjang maka tenaga yang diperlukan lebih sedikit. Atau jika sudah model lengan ayun, jika makin panjang lengan, terjadi peredaman getaran yang lebih baik.
Diagram Suspensi Mobil Dengan Bonnet

Mobil berbonnet, jarak antara suspensi dengan pengemudi lebih jauh, jadi getaran dari suspensi direduksi oleh lengan yang panjang.

Diagram Suspensi Mobil Semi Bonnet

Demikian selanjutnya untuk mobil semi-bonnet, jarak antara suspensi dengan pengemudi lebih pendek, jadi reduksi getaran makin berkurang.
Diagram Suspensi Mobil Tanpa Bonnet

Nah untuk mobil tanpa bonnet, suspensi bisa dikatakan tepat dibawah pengemudi, redaman getaran cuma dari sistem suspensi itu sendiri, getaran diteruskan ke atas ke pengemudi, jadinya tipe ini paling keras.

Ini cuma otak atik gathuk

CMIIW  = SKJAK (silahkan di koreksi jika ada kesalahan) :mrgreen:

Iklan

17 pemikiran pada “Kenapa Mobil Bermoncong Lebih Empuk

  1. kalau menurut saya sih lebih pada tipe/setelan suspensi. minibus kan kendaraan niaga/beban jadi suspensi dikasih keras biar kuat.

    Suka

  2. tergantung suspensi juga oom….
    Secara itungan harga Carry sama Avanza beda… coba tengok kualitasnya….ibarat supra fit ma supra X …. atos endi bro maskur… 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s