Cara Lain Makan Buah Kenitu


Buah Kenitu

Tau buah Kenitu? Saya tahu nama buah ini dari Majalah Panjebar Semangat tahun 90-an. Kalo melihat dan merasakan buahnya baru tahun 2000-an ketika dibawakan oleh-oleh teman yang asal Salatiga. Dan di Salatiga buah ini namanya Apel (kalo Apel sesungguhnya dinamai Apel Malang). Nama lain buah ini adalah Sawo Duren (karena pohon dan daunnya persis pohon Durian), juga Sawo Apel, Sawo Beludru, Buah Cipokan (cara makannya dengan cara dicipok) dan sebangsanya. Untuk lebih jelasnya baca di Wikipedia.

Cara makan buah ini bermacam-macam, ada yang dibelah lalu dimakan langsung, ada yang pake sendok, kalo saya sesuai “ajaran” teman dari Jawa Timur, yaitu dengan cara “dicipok”. :mrgeen: Tarik gagang dari buahnya, sedot lubang bekas gagangnya, maka isi buah Kenitu akan masuk mulut kita. Hati atau inti buah ini kalo ikut tersedot ada rasa sepat sedikit. Buahnya creamy dan salut bijinya agak kenyal-kenyal manis.

Buah Kenitu freezer

Eits ada cara baru makan Oreo Kenitu, ini tidak sengaja kami coba di rumah. Oleh istri, buah Kenitu asal Binangun, Banyumas yang dibawakan oleh salah seorang sodara, dimasukkan ke Freezer. Hasilnya buah ini menjadi keras.

Potong buah yang sudah keras dan dingin ini dengan pisau, belah menjadi 4. Buang kulitnya, juga hati/inti buahnya. Jreeeeng sekarang anda makan Es Krim alami. Teksturnya benar-benar seperti es krim. Cuma yang ini alami. Cuma agak sayang, bagi penyuka rasa manis, dengan dibekukan ini rasa manisnya menjadi berkurang.

Makan lagi ah, masih dua nih..

Iklan

19 pemikiran pada “Cara Lain Makan Buah Kenitu

  1. di salatiga disebut juga apel “plothot” pakdhe 😀

    soalnya cara makannya dengan cara di-plothot alias digencet pake 2 tangan hehehe

    Suka

  2. woh namanya kenitu tho?
    😀 baru tau,..
    apel plotot sie nek jaman di salatiga
    (masi ada pohonnya depan rumah di salatiga)
    #mupengmudikkk

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s