Lebih Dekat Dengan “Gerandong”


Mobil Gerandong 1

Bahas gerandong lagi nih, seperti tulisan sebelumnya, mobil jadi-jadian yang merupakan metamorfosis Truk Gergaji kayu ini di sekitar Cilacap marak di sekitar Cilacap Barat- Selatan (Sidareja dan sekitarnyanya). Walau sekarang juga banyak di daerah lain.

Dari jauh, gerandong ini seperti mesin Diesel yang dihubungkan roda sehingga bisa bergerak selayaknya mobil. Mari kita lihat lebih dekat.

Mobil Gerandong 2

Dari sini terlihat wujud utuhnya berupa mesin diesel, dipadu sasis mobil dan rangka body besi kotak hasil tangan tukang las. Kemudi setir mengambil dari bekas mobil.

Mobil Gerandong - mesin

Nah inlah nyawa dari sang gerandong, mesin diesel (kondisi baru) yang langsung dihubungkan ke gearbox bekas mobil. Tampak pipa besar yang dilas dan dihubungkan ke kopling set mobil bekas ini.Mobil Gerandong - pengoperasian

Sistem pengoperasian tetap ada pedal gas, kopling dan rem. Tampak gearbox telanjang tepat dibawah kemudi sehingga mekanisme tuas penarik shifter jelas terlihat.
Mobil Gerandong - suspensi

Bagian sasis dan suspensi, arm, per daun melintang dan shockbreakernya. Kepunyaan mobil tua yang jelas, namun kurang tahu persisnya apa warisan mobil semacam Colt T120 atau L300 atau Kijang Buaya atau Hiace…. Ada yang tau?Mobil Gerandong - starter engkol

Nah untuk menghidupkannya jelas pakai engkol ini. Putar berapaka kali…….. langsung jag ijag ijug kereta berangkat:mrgreen:Mobil Gerandong - kopel

Yang ini kopel pengghubung gearbox dengan gardan di belakang. Entah nyomot darimana, mungkin semacam milik Colt diesel, yang jelas lebih besar dari kopel mobil pickup.

Gerandong ini digunakan untuk mengangkut barang-barang semacam tanah “lungka” (pecahan gumpalan tanah kering dari sawah), batu-batu besar dan juga hasil bumi. Melintasi jalur kampung yang datar, namun tak jarang masuk jalan raya. Untuk yang satu ini tinggal menunggu tindakan aparat.

Iklan

19 pemikiran pada “Lebih Dekat Dengan “Gerandong”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s