Kisah Motuba, Pertalian Beda Umur Mudah Putus


    “Beda umur yang jauh, bisa bikin hubungan kurang bagus, yang satu masih menggebu-gebu yang satunya sudah mulai habis kemampuannya. Lama-kelamaan, yang sudah berumur akan melemah dan kekuatannya berkurang. Kalo yang satu sudah tidak kuat lagi, prol…. putuslah, dan itu adalah sesuatu yang membahayakan.”

Ini bukan kisah kehidupan, cuma kisah motuba yang baru saja saya alami.Jalur Selatan Sampang-Buntu

Melintasi jalur selatan mulai Sampang sampai Buntu dan seterusnya, waktu-waktu sekarang ini cukup menyita waktu. Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah banyaknya truk besar, pengalihan dari Pantura karena belum berfungsinya jembatan Comal 100%. Walaupun masing-masing truk itu membuat jarak yang cukup untuk dimasuki kendaraan penumpang, namun tetap saja perajalan menjadi lama.

Apalagi ketika kendaraan kita mengalami trouble ketika “fight” dengan truk-truk tersebut, wah ngeriii.

 

Tadi siang saya melintas jalur selatan, ketika sampai perlintasan kereta api sampang, saya menyalip sebuah trailer. Tepat ketika melintas rel, tiba-tiba saja jarum RPM turun ke nol. Mumpung momen inersia masih berlaku, saya pinggirkan motuba saya, dan lalu mencoba saya hidupkan. Tetap tidak bisa hidup, akhirnya buka kap mesin, jangan-jangan busi mati lagi.

Kabel Platina Putus

Ternyata penyebabnya adalah kabel dari accu ke kondensator platina. Tepatnya di scoen warna hijau, kabel lama (yang barang kali seumuran dengan mobilnya) putus pas di klem tembaga dalam scoen. Sementara scoen pasangannya masih oke, karena masih baru. Kembali ke Prolog tadi, pasangan scoen ini kabelnya beda umur, bedanya 17 tahun, sangat lama kan?

Lepas scoen, coba sodok pakai obeng (-) ternyata susah. Akhirnya gunting saja dua kabel tersebut, kupas ujungnya lalu sambungkan tanpa scoen, dan diselotip. Setelahnya, jreeeeng….motuba lancar lagi.

Kayaknya perlu waktu dan anggaran khusus nih meremajakan kabel-kabel kelistrikan.

Iklan

13 pemikiran pada “Kisah Motuba, Pertalian Beda Umur Mudah Putus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s