Waspada Overheat Setelah Ganti Paking


Paking Silinder Espass

 

Paking kepala silinder kalo sudah begini wajib diganti. Sudah rusak dan bocor kemana-mana efeknya bisa berabe. Mesin macet, overheat dan lama-lam harus turun mesin.

Espass Overheat

Setelah ganti paking, ternyata ada satu yang perlu diwaspadai, yaitu mesin OVERHEAT lagi…. lho kok bisa. Kasusnya begini…

Motuba saya sebulan lalu baru ganti paking silinder. Alhamdulillah belum terlambat jadi blok mesin yang terbuat dari aluminium belum melengkung. Jadi cuma ganti paking saja dan sudah aman rasanya.

Mesin Espass Lepas Cover Head

Tentang masalah overheat, sudah lama tidak mengalami. Namun hari Minggu lalu jalan 100 km kok indikator suhu naik setengah dan minta tambah air 1.5 liter. Hari Jumat malah lebih parah, jalan 7 km sudah overheat, dan hari Sabtu cuma jalan 3 km, minta air lagi padahal Jumatnya sudah korok radiator.

Coba cek sendiri, buka tutup radiator, hidupkan mesin, kok muncrat dan meletup-letup. Akhirnya bawa saja ke bengkel, barangkali baud silinder head mengendor.

Akhirnya dikencangkanlah baud-baud itu, dan overheat sembuh. Tanya ke mekanik senior, dia menjawab :“Kemungkinan besar, pakingnya susut maklum barang baru belum mapan”

Kalo dipikir-pikir sih logis juga, Paking terbuat dari aluminium dan ada juga bahan semacam kertas atau karet, ketika ditekan dan kena panas mengalami perubahan secara fisik. Semoga benar ke depannya sudah tidak kumat lagi penyakitnya.

Posted from WordPress for Android

 

3 pemikiran pada “Waspada Overheat Setelah Ganti Paking

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s