Penyebab Lain Mobil Susah Distarter


Mesin mobil (tua) susah hidup? Sudah biasa, tapi alangkah baiknya kalo cekekek..jreeeeeeeeeng!!! :mrgreen:Resistol koil-werstan

Banyak faktor kenapa mesin susah hidup, bisa kelistrikan dan pengapian bisa pula karburasi. Dinamo starter juga bisa berpengaruh. Nah  kalo karburasi sudah divonis bagus, dinamo starter oke, accu baru, tapi masih lama nunggu hidupnya setekah agak lama didiamkan? Kira-kira apalagi ya? Mungkin pengalaman saya ini bisa sebagai salah satu contoh.

Mesin Espass dan Wertsan

Ketika mengencangkan baud Cylinder Head, kebetulan di bengkel langganan ada Bapak dari pemilik bengkel. Dia adalah mekanik kawakan sudah puluhan tahun membengkel. Saya sekalian tanya kenapa kok motuba say susah startnya setelah agak lama diam. Beliau cek sana sini dan katanya oke baik itu kelistrikan, pengapian maupun dinamo starter.

Lalu dilanjutkan cek koil dan beliau berkata :“Werstan perlu diganti!”

Saya tanya :“Kenapa tuh pak, cara kerjanya bagaimana?”

Beliau menjawab :“Werstan menguatur dan membatasi arus yang masuk ke delco agar pas, nah kalo werstan rusak, maka arus yang masuk dibawah standar, start jadi susah” 

Juga anaknya menambahkan, kalo dibiarkan kasihan koilny jadi tambah panas.

Kuitansi Resistor

Akhirnya digantilah apa yang disebut werstan ini yang menurut bahasa toko adalah resistor. Nggak mahal kok, cuma 50 rebu. Hasilnya ternyata memuaskan, starter jadi lebih tokcer.

Werstand ternyata bahasa Belanda yang artinya Resistor.

Iklan

13 pemikiran pada “Penyebab Lain Mobil Susah Distarter

  1. resistorku law hidup mesin panas bgt. mesin gk stabil, gampang mati. coil baru….np ea….tolong kasih diagram soket kabel coil pistol. wat daihatsu. mkasih

    Suka

  2. mas…mau tanya ni…maaf newbie banget…baru pny mobil pertama aja motuba…hehe…werstand yg d maksud d sni tu werstand yg nempel d koil ato gimana ya? letaknya deketan sama delco ya mas? makasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s