Masa Kecil Yang Bahagia


Melihat anak-anak usia SD, duduk bersama-sama di tengah malam di suatu keramaian, tampak bahwa mereka bahagia karena bisa menikmati masa kecilnya. Walau tidak semua paham apa yang ditontonnya namun yang jelas mereka menikmti suatu hiburan tersendiri, yang barangkali sudah menjadi barang langka, aneh dan tidak modern.Anak Kecil Nonton Wayang

Jaman dulu, sewaktu saya masih kecil, juga menikmati hal yang sama. Namun tempatnya lebih nyaman, karena ada meja dan kursi serta makanan kecil berupa jajan pasar dan minuman tentunya.

Jaman itu, sekolah cukup di sekolah, tidak perlu kursus-kursus dan les-les pendongkrak nilai. Pulang sekolah masih banyak waktu bermain dan membantu orang tua. Waktu itu juga juga belum ada gadget yang mencuri perhatian, motor belun sebanyak sekarang dimana membuat jalanan menjadi tempat yang berbahaya.

Nomong-ngomong anak-anak di foto itu lagi ngapain sih? Simak foto selanjutnya…

 

 

 

 

 

 

 

 

Anak Kecil Nonton Wayang2

 

Nah, mereka sedang menonton wayang dari balik kelir.

Sekarang anak SD, dengan kurikulum yang ada, kehilangan waktu bermain. Siang sekolah, sore les dan kursus malam belajar di rumah dan tidur yang semua dibatasi waktu. Sulit rasanya bisa menonton wayang semalam suntuk seperti jaman saya.

Menonton wayangpun, karena tuntutan jaman akan hiburan, posisi terhormat adalah dari belakang dalang. Jaman dulu berbeda, tempat terhormat adalah dari balik kelir. Istilah “wayang” itu berarti bayangan, jadi menonton wayang adalah menonton bayangan boneka kulit pipih yang dimainkan sang dalang. Jadi di balik kelir pasti ada tempat duduk, dan anak-anak jaman saya menonton wayang tepat di tempat duduk dibelakang meja yang menempel ke kelir.

Sekarang di balik kelir biasanya adalah tempat parkir, tempat alat-alat, tempat tidur sopir atau malah tembok keliling.

Iklan

4 pemikiran pada “Masa Kecil Yang Bahagia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s