Cairan Radiator, Coolant Apa Air Biasa?


Coolant Ledeng Sumur

Air radiator, coolant apa air biasa? Banyak pendapat yang bermunculan, ada yang bilang Coolant lebih bagus, tahan karat. Namun ada seorang tukang radiator yang bilang pakai Coolant bisa merusak, maksudnya untuk mobil keluaran lama. Jadi intinya coolant cocok untuk radiator baru, sedangkan air biasa cocok untuk keluaran lama. Mari kita simak saja pendapat “para suhu” permobilan

(copas dari group motuba)

Mas Makmur

Sekedar sharing…… mungkin kita tahu ceret yang sering dipakai merebus air…. di dalam ceret terbentuk lapisan …. nah di radiator…. endapan ini bisa ikut menambal lapisan yangsudah berkarat…..

  1. Saya setuju pakai coolant…. tapi dengan catatan baik mesin dan radiator masih bagus/tidak berkarat…. coolant ada lapisan anti karat yang bagus menahan karat pada mesin/ radiator yang belum berkarat…
  2. Untuk mesin dan radiator yang sudah berkarat jika memakai coolant maka akan mempercepat keropos akibat karat yang terkikis oleh coolen….. dalam kasus air sumur… karat ini tertutup oleh endapan air seperti di ceret.
  3. Kalau saya…. silahkan pakai coolant kalau memang mesin/radiaor masih bagus…. tapi kalau mesin/radiator sudah berkarat saya rekomendasikan pakai air suling, air tampungan AC atau aquades yang memang tidak mengandung endapan mineral yang bisa menyumbat lubang radiator
  4. Radiator ada batasan pemakaian… baik pakai coolant maupun air sumur karena faktor usia pasti akan keropos juga.

CMIIW… Corect Me If I Wrong


Air Buangan AC

Kalo saya selama ini menggunakan air AC setelah sebelumnya menggunakan air sumur atau air PDAM yang diendapkan terlebih dulu. Air sumur dan air PDAM walau diendapkan terlebih ternyata masih banyak endapan lembut yang melayang di permukaan. Air AC biasanya ada kotoran, namun padat, biasanya karena kotoran dari selang.

Kenapa tidak pakai Coolant? Ingin juga sih memanjakan motuba, namun karena air di radiator motuba saya selalu berkurang, walau tidak terlalu cepat, jika pakai Coolant malah hitungannya boros. Ya pakai air AC kan gratis juga. Mungkin setelah radiator dan sistimnya tak lagi bocor, saya baru beralih ke Coolant.

Iklan

4 pemikiran pada “Cairan Radiator, Coolant Apa Air Biasa?

  1. berdasarkan pengalaman saya sendiri pake coolant di radiator carry yg sebelumnya pake air biasa bikin overheat mesin.itu di dlm radiatornya kotor bgt sampe ada tanah liatnya gitu.
    sampe sekarang saya pake air mineral saja utk radiatornya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s