[Daihatsu Espass] Solusi Overheat Yang Lain


Espass Overheat

Nemu artikel nih dari blog bengkel otocare, solusi mengatasi overheat guntuk Zebra 1.3 alias 1300 cc (S89 dan S91). Namun disana juga diterangkan buat radiator keluaran tahun 2000 ke bawah yang berbahan kuningan. Berikut triknya:

Banyak pengguna mesin Zebra 1.3 yang mengeluhkan overheat, penyebabnya karena air radiator selalu berkurang. Penulis juga mengalaminya sendiri. Walau sudah korok radiator, cek saluran-saluran, ganti waterpump, ganti tutup radiator dan sebagainya, air radiator harus rutin di cek, karena selalu berkurang, walau tidak terlalu banyak, namun harus sering-sering buka tutup radiator. Padahal ada yang menyarankan agar jangan sering-sering membuka tutup radiator.

Trik dari bengkel nya eric desada yang terletak di jalan parangtritis – Yogyakarta (member of FKMOI) adalah seperti ini:

Lubang Radiator Asli

Mengganti lubang pengisian air radiator yang di mulut lubangnya rata diganti dengan yang ada tonjolannya.

Lubang Radiator Asli vs modif

Yang kanan lubang radiator asal yang rata, sedangkan gambar kiri adalah lubang radiator yang mulutnya ada tonjolan.Lubang Radiator Modif

Di zoom jadi gede :mrgreen: Itulah yang dimaksud dengan tonjolan. Jadi di mulut lubang sisi dalamnya lebih tinggi dari sisi luar.

Kurang lebih diagramnya seperti iniLubang Radiator Penampang

Kira-kira logikanya bagaimana? Sepertinya karena bagian mulut menonjol, maka fungsi tutup radiator akan menutup lebih kencang dan rapat, air atau uap tidak mudah menguap, volume air tetap. CMIIW

Jadi pengin nyoba apakah berhasil. Biar makin tenang ketika perjalanan jauh.

Sumber : otocare.net

Tentang Overheat yang lain

Tentang Espass

Iklan

5 pemikiran pada “[Daihatsu Espass] Solusi Overheat Yang Lain

  1. perlu diperhatikan tekanan uap air juga perlu dibuang pak… kalo nutup rapet, trus pas lagi panas kan tekanan jadi gede. bisa pecah slang slang radiatornya… tutup radiator mobil eropa biasanya berulir seperti pegas untuk menjaga tekanan.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s