Kampung Laut Lagi


image
Kampung Laut, ini adalah nama salah satu kecamatan di Cilacap yang wilayahnya memang menyatu dengan laut, tepatnya di sekitar Segara Anakan. Segara Anakan adalah selat di antara Pulau Jawa dengan Nusakambangan.

Transportasi laut menjadi andalan karena lewat darat sulit dilakukan. Yang menempel ke Nusakambangan, jelas merupakan Restricted Area. Sedangkan yang menempel ke Jawa, jalannya parah dan jaraknya cukup jauh dari jalan besar.

Kemarin saya berkempatan bertugas ke san kembali setelah sempat ke sana dua kali, tahun 2012. Anggap saja buat selingan karena kebanyakan mendaki pegunungan.

image
Jalur utama, miriplah dengan sungai di pedalaman Kalimantan dan banyak wilayah luar jawa.

image
Lho kok belok ke “gang kecil” yang ngepas perahu. Untung tidak pakai compreng.
image
Parkir dulu perahunya.
image
Lha ini lokasi tujuannya, area persawahan di Klaces yang menempel ke Nusakambangan. Sekeliling terlihat pepohonan berbagai tipe. Rumah penduduk? Nun jauh di seberang sana. Kalo tersesat di sini dijamin perlu ilmu survival. Cek jalan padas sana sini, selesai. Saatnya “pulang ke jawa”

image
Eits ternyata suruh mampir dulu di kampung Ujung Alang. Yang ini nempel ke Pulau Jawa. Makan siang dulu berupa kepiting rebus. Cuma direbus aja udah enak, tapi dijamin tidak sanggup bertahan lama. Saya cuma sanggup makan daging di dalam capit beberapa belas.
image
Saatnya pulang, weh ternyata tiap instansi punya perahu masing-masing. Saya berpapsan dengan perahu SMA Negeri Kampung Laut dan dibalap sama perahu SMP Negeri Kampung Laut. Masih baru mesinnya, wus wus…
image
Akhirnya terlihat juga pabrik-pabrik di Cilacap, setelah menerjang angin dan ombak. Kalo tengah hari angin berhembus kencang, kadang membuat ombak yang cukup tinggi, perahu terombang ambing, ujungnya naik turun seperti main motor cross. Menyenangkan atau bahkan menakutkan.

Posted from WordPress for Android

Iklan

8 pemikiran pada “Kampung Laut Lagi

  1. Ping balik: Minimoto Ini, Layak Buat Latihan Anak Mengenal Kendaraan Bermotor | IM Blog

  2. Ping balik: Revo AT Di Tempat Terpencil | Maskur's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s