Tentang KIA Pride


Kia Pride Magelang

Mobil hatchback ini barangkali sekelas Jazz atau Yaris, namun karena bermerk Kia, jadinya populasinya sedikit. Kemarin satu jalan dengan ini dari daerah Jambu sampai Magelang, jadi penasaran seluk beluknya.

Menurut Wikipedia, mobil seperti foto di atas adalah Kia Pride generasi kedua (2005–2011). Selain hatchback ada juga versi sedan. Dan Pride ini adalah nama lain dari tipe Rio. Memang di emblem belakang ada tulisan PRIDE RIO, namun di sini lebih dikenal dengan nama Kia Pride.

Sekilas tentang KIA Pride

Kia Pride 2007

KIA PRIDE
Mobil yang irit bensin dan harga bersaing…

Menilik sejenak KIA Pride, mobil irit pabrikan KIA Motors. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang di Asia Tenggara disebut dapat bertahan ditengah gejolak krisis pasar perdagangan di dunia. Indonesia mampu mempertahankan pertumbuhan ekonominya dan tidak banyak berpengaruh pada krisis dalam negeri, tidak seperti di Yunani atau Filipina.

Indonesia dalam hal perkembangan industri otomotif sedang gencarnya melaksanakan kerjasama dengan perusahaan otomotif negara Korea Selatan. Dimana Korea Selatan ini telah lama berkecimpung dalam hal memproduksi otomotif dan namanya sudah terkenal di suluruh dunia. Salah sari merk yang terkenal dari perusahaan otomotifnya adalah KIA. Kerjasama antara Indonesia dengan KIA ini terlihat dari berdirinya PT KIA Mobil Indonesia yang sudah berlangsung beberapa tahun silam.

Perkembangan yang terbaru adalah akan dipasarkannya edisi terbaru dari seri KIA Pride. Kendaraan sesungguhnya merupakan hasil perbaikan dan perubahan dari generasi yang sebelumnya. Perubahan ini dapat terlihat dari desain interior maupun eksteriornya. Kesan yang pertama tertangkap setelah melihat kendaraan ini adalah sporty dan modern. Hal ini dikarenakan segmentasi pasar yang dituju adalah para kawula muda atau eksekutif muda. Ukuran kendaraan ini sedikit lebih panjang dari Honda Jazz. Dari sisi mesin, KIA Pride yang memiliki 5 pintu ini menggunakan 1.4 DOHC, ini membuat kinerja mesin yang irit bahan bakar, dan disebut oleh PT KIA Mobil Indonesia faktor irit bensin ini adalah berita baik untuk para konsumen, tapi di sisi lain berita buruk untuk para pesaing.

Kia Pride 2011

New KIA Pride, sebagai mobil mini MPV dikelas menengah atau yang biasa kita kenal dengan nama hatchback tentunya memberikan warna baru dalam meramaikan persaingan pasar dunia otomotif khusus nya mobil. Nama yang diberikan oleh KIA Mobil Indonesia, yaitu Pride. Tentunya bukan sembarang nama, Pride bisa di artikan dengan “Kebanggan” tentunya KIA Mobil beraharap kalau nantinya mobil ini bisa di banggakan oleh PT. KIA Mobil, Khusunya KIA Mobil Indonesia.

KIA Pride dilaunching pada tanggal 23 Juni 2010. KMI memberikan 10 unit KIA Pride untuk di coba oleh para wartawan agar bisa merasakan tes drive KIA Pride dengan rute Jakarta Bandung pulang pergi.

Jika di bandingkan dengan KIA pride pendahulu nya yang diluncurkan pada tahun 2007, walaupun tampak serupa namun jika kita lihat dengan seksama akan terlihat ada beberapa perbedaan. Di antara nya ada di grill depan yang sudah menganut design Tiger Nose dan design bumper yang lebih atraktif, apalagi setelah dipadu dengan design lampu kabut berbentuk kotak dan lampu utama black bezel sehingga menambah kesan sporty pada mobil ini yang tentunya sesuai dengan selera anak muda.

Untuk bagian interior New KIA Pride memberikan kesan elegan dengan design two tone pada interior nya. ditambah media hiburan yang sudah menggunakan CD, MP3, Port Ipod, dan Port USB.

Urusan mesin, tidak ada perubahan untuk spesifikasi mesin New KIA Pride, Pride masih menggunakan mesin KIA dengan volume silinder 1400cc 16 katup yang sudah mengaplikasi teknologi CVVT. Sehingga membuat mobill Pride mampu memuntahkan tenaga maksimum hingga 94ps pada 6000 putaran mesin (RPM) dan torsi maksimum yang bisa di capai adalah 12.7kg.m pada 4700 putaran mesin (RPM).

Saat tes drive, mobil ini mampu mencapai 70 km per jam hanya dengan menggunakan gigi 2. Untuk top speed nya blm ada yang bisa merih, tapi untuk kecepatan tertinggi saat tes drive kemarin adalah 160 km per jam.

Soal harga, KIA tidak menjual Pride dengan harga yang selangit. Tapi hanya dengan 145 juta rupiah, anda sudah bisa membawa pulang KIA Pride dengan manual transmisi, sedangkan yang Otomatis nya di jual dengan harga 158 juta rupiah.

Sumber : Kaskus

Kalo harga second, lihat di OLX mulai 70 juta sudah bisa memboyong hatchback ini. Tentang kelemahan dan kesediaan spare part perlu dicari informasinya lebih lanjut.

Untuk generai setelah 2011 mobil ini menggunakan nama Rio seperti nama asalnya.

Iklan

8 pemikiran pada “Tentang KIA Pride

  1. Ping balik: Kemrosok, Bletak, Ngorok…Dan Bunyi-bunyi Lain Itu Cacat Apa Ciri Khas? | IM Blog

  2. Ping balik: Karisma vs Supra X 125 Part 2 | IM Blog

  3. Ping balik: Jupiter Z dan Generasinya | IM Blog

  4. Ping balik: Motor Paling Worth It Menurut Saya Part 2 – Kekurangan Supra X 125 | IM Blog

  5. Ping balik: Pak Harto Pernah Menyamar [KASKUS] | IM Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s