Mungkinkah Kisah Nokia Menimpa Dunia Otomotif?


Bongkar-bongkar kardus, ternyata masih menyimpan box wadah ponsel Nokia 6120 Classic yang isinye entah dimana? Angan melayang ke masa lalu.Nokia Coret

 

Tahun 2000 sampai kurang lebih 2010, ponsel adalah Nokia. Dari ponsel cliringan sampai ponsel orang gedean, adalah Nokia. Mendapat banyak serbuan, dimulai dengan serangan Buah Beri dari Kanada, Buah Apel dari Amerika dan selanjutnya diserbu Nyamikan-nyamikan (baca:Makanan kecil) dari Google, tewaslah Nokia. Semua karena Terlena..

 

 

Sebelum lanjut kita simak lagi dari Ikke Nurjanah berikut ini:

 

Terlena dengan kejayaan, terlena untuk move on itulah yang terjadi.

Sekarang kita simak dunia otomotif, penguasa saat ini (dan dari dulu) adalah Toyota di mobil dan Hondadi motor. Dan keduanya adalah satu, satu Grup (di Indonesia).

Kira-kira bisakah keduanya bernasib seperti Nokia? Pasti bisaaaa…tapi susah.Toyota dan honda motor

 

Nokia cuma berjaya dalam hitungan sepuluhan tahun. Kalo Toyota? Honda? Sudah lebih dari 30 tahun. Wis ngoyod atau sudah mengakar. Dan mobil serta motor itu bukan barang elektronik yang masa hidupnya singkat. Selain itu Induk dari keduanya di Indonesia juga menguasai berbagai bidang yang berhubungan dengan bidang otomotif khususnya. Jadi sudah main-brandnya kuat, disupport bidang lain yang tak kalah kuat. Tidak mungkin sang induk membiarkan merk sebelah berjaya.

Kecuali jika sang Induk berdiri sendiri, menciptakan merk sendiri seperti halnya kasus Hero Motor di India yang akhirnya melepas embel-embel Honda dari namanya.

Kalo berharap ada motor merk Astra di Indonesia, satu hal yang sangat perlu diutamakan, yaitu NASIONALISME! Yang mana hal ini sekarang cuma muncul ketika 17-an. Selebihnya kapitalisme telah MENGUASAI. Hmmm ya sudahlah…

Walau hidup itu ada naik ada turun, ada jaya ada kalah, istilahnya Rise and Fall. Simak dulu lagunya:

Iklan

6 pemikiran pada “Mungkinkah Kisah Nokia Menimpa Dunia Otomotif?

  1. Bisa saja terjadi, buktinya sekarang Suzuki dengan Ertiga-nya sudah menekuk Innova dan Xenia dan mulai mengancam Avanza yang bermesin sama dengan Avanza cuma beda merk saja. Dan untuk Honda motor tahun 2015 sudah kehabisan amunisi baru untuk menyerang pasar Indonesia.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s