Hati hati Melintasi Pengaspalan Jalan


Kontradiksi sering terjadi ketika suatu jalan yang sudah eksis mengalami perbaikan atau pengaspalan. Bagi pengguna jalan, mereka inginnya jalan bagus, namun tidak rela perjalanan terganggu. Sedangkan bagi pelaksana proyek jalan, mereka inginnya bekerja dengan baik, namun pekerjaannya terganggu oleh penguna jalan.

Sprayer Aspal

Idealnya ketika suatu jalan diadakan pengaspalan, harus ditutup agar prosesnya sempurna. Namun hal tersebut menjadi sulit apalagi ketika melibatkan jalanan ramai.

Nah, bagi para pengguna jalan yang tidak mau mencari jalan lain ketika proses pengaspalan berlangsung, hati-hati dengan hal-hal seperti berikut ini:

Menabrak tumpukan material

Di kanan kiri jalan yang sedang dikerjakan, jelas ada tumpukan material. Dari agregat ukuran kecil, sampai batu belah. Karena kurang waspada biasa terjadi orang menabrak tumpukan material.

Terpeleset karena agregat yang lepas.

Sebelum diaspal, terlebih dahulu ditebar agregat dengan berbagai ukuran, kemudian digilas. Karena ikatannya belum stabil, hasil gilasan tersebut lama kelamaan akan lepas dan buyar. Sering terjadi, pengguna motor yang semula tidak bisa jalan cepat, setelah lihat jalan rata, padahal belum diaspal, maunya ngebut. Ketemu agregat lepas ini, jatuh.

Jatuh karena Prime Coat Aspal

Lapisan terbawah aspal adalah Prime Coat (atau Tack Coat). Berupa aspal yang encer dan licin. Jika disemprotkan dan berada di jalan, akan seperti aspal yang disiram oli. Nah banyak pengguna motor yang suka menerabas (ketika memasang prime coat jalan ditutup), melindas jalan licin, ndlosorr

Terkena aspal panas

Ketika sedang diaspal jalan seharusnya ditutup total. Nah ketika nekad menerobos pengaspalan atau lewat di samping penyemprotan aspal, bisa terkena semprotan aspal panas yang suhunya bisa mencapai 200 derajat celsius. Kejadian kemarin, ada pemotor menerobos pengaspalan, tanpa helm. Ketika itu terjadi kecelakaan kerja, yaitu sprayer aspal lepas kendali, kenalah aspal panas itu ke bagian tubuh pengendara motor, termasuk kepalanya. Bisa dibayangkan betapa bahayanya.


Sebagai pengguna jalan yang baik, seharusnya kita bersabar diri memberikan kesempatan pada pekerja proyek agar tidak terganggu pekerjaanya. Bisa sabar menunggu atau mencari jalur alternatif.

Karena selain kemungkinan celaka seperti di atas, ketika melitas aspal baru bisa jadi motor atau mobil kita bernoda Glitter alias titik-titik aspal yang menempel ke body atau velg, yang susah dipersihkan.

Posted from WordPress for Android A7S

Iklan

14 pemikiran pada “Hati hati Melintasi Pengaspalan Jalan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s