Shuttle Bus Menggusur Patas AKDP.


Shuttle Sumber Alam

 Sekarang makin banyak Bus kecil yang dikenal dengan nama Shuttle Bus. Bus yang umumnya punya basis yang sama dengan truk kecil ini sepertinya bisa menggusur bus patas jarak dekat dan menengah.

Dulunya yang namanya Shuttle Bus itu berfungsi mengantarkan penumpang dari suatu daerah yang posisinya manjauh dari jalur utama, menuju pangkalan bus yang ada di jalan besar.

elf bus

Sekarang sepertinya fungsi itu berubah menjadi pengangkut kendaraan untuk jarak menengah (AKDP), yang sebelumnya dilayani oleh Bus Patas.

Memang harga yang  ditawarkan lebih mahal dari tarif bus patas, namun Shuttle ini menawarkan akses yang lebih, yaitu bisa masuk kota. Sebagai contoh, Shuttle PO Sumber Alam, Cilacap – Semarang bertarif 100 ribu sekali jalan, dia bisa masuk jalur Banyumanik – Srondol – Gombel  dan seterusnya. Sebagaimana di ketahui, sekarang Bus dilarang masuk kota Semarang dan harus lewat Tol menuju Terminal.
Hino Dutro

Fleksibilitas ini yang sepertinya dikembangkan Perusahaan Otobus untuk menambah armada Shuttlenya, dan mengurangi Bus AKDP. Contoh kasus, bus Sumber Alam rute Cilacap-Semarang sekarang setiap jam ada yang jalan. Namun bus AKDP tetap diperlukan terutama melayani lonjakan penumpang di akhir minggu.

toyota hiace white

Shuttle Bus umunya menggunakan Isuzu Elf, Toyota Dyna atau kembarannya Hino Dutro, dan yang sekarang mulai marak adalah Toyota Hiace yang hadir kembali di negeri ini dalam ujud yang lebih besar.

Iklan

5 pemikiran pada “Shuttle Bus Menggusur Patas AKDP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s