Ngeblog, Dulu Dan Sekarang


image

Menulis di blog antara dahulu dan sekarang itu sangat berbeda dalam hal kepraktisan dan kemudahan.
Dulu, awal saya kenal blog mesti ada PC yang terhubung internet. Hanya ada dua pilihan, di kantor atau di warnet. Karena peraturan kantor tidak semua unit PC bisa terhubung ke internet. Jadi saya berangkat pagi, bersama OB yang bersih-bersih, saya buka blog atau blogwalking. Kalo pas libur ya musti ke warnet.

Era laptop terjangkaubdan modem USB datang, sekarang ngeblog lebih mobile. Asal kuota internet masih dan sinyal bagus, ngeblog lancar. Baik pakai PC maupun laptop, kalo ada gambar di kamera atau ponsel, harus ditransfer dahulu dan diedit.

Smartphone ber OS symbian sudah mengendus dunia blog. Ada aplikasi wordpress atau blogspot tersedia, misalnya wordmobi atau wordpress for symbian. Atau mau pakai opera mini juga bisa. Dan semuanya bisa dibilang PENUH PERJUANGAN. Nulis mungkin tak masalah, namun kalo upload gambar itu kerja keras. Foto bisa diedit di ponsel, tapi masih editan terbatas.

Sekarang era Android, aplikasi blog tersedia dan mudah digunakan. Capture foto tinggal pencet. Editing tinggal sentuh dan cubit. Apalagi cuma ngetik. Kuota internet murah, banyak pilihan. Sinyal internet makin kuat. Jangankan di kota, di desa gunung lagi, sudah bisa ngeblog.

Cukup tiduran kita bisa ngeblog dan blog-walking sesukanya.

Iklan

4 pemikiran pada “Ngeblog, Dulu Dan Sekarang

  1. Inget 2007 bikin blog Mobile pake domain peperonity. Hiks hiks masa sekolah smp, sekarang udah gak tau kemana blog nya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s