[Daihatsu Espass] Kupas Tuntas Overheat ( Bagian 2 ) Oleh Hidir Wiguna


Espass Overheat

Om Hidir Wiguna adalah Pak RT-nya Grup Dzebrakusers. Grup para pengguna Zebra dari generasi pertama sampai terakhir. Nah beliau tak pelit bagi-bagi ilmu per-Zebra-an pada anggota lainnya, kali ini saya copy-paste tips-tips dari beliau agar yang di luar member bisa mengetahuinya.

Sambungan bagian 1

Apabila sOm Hidir Wigunaemua system pada radiator sudah bagus tapi masih terjadi overheat juga, maka kita beralih ke bagian packing. Seringnya terjadi overheat akan mempercepat kerusakan packing silinder Head. Kebocoran yang terjadi pada packing silinder, bisa dipastikan menjadi penyebab overheat. Packing silinder head pada mesin merupakan pembatas antara blok mesin dengan silinder head.

Packing silinder head juga berfungsi sebagai seal yang membatasi ruang bakar mesin yang bertekanan dan bersuhu tinggi. Pada sisi yang lain disamping dinding silinder terdapat water jacket yang dilewati oleh air radiator yang memiliki tekanan dan suhu lebih rendah, Packing ini juga berfungsi sebagai seal untuk oli mesin yang bersirkulasi.

Tanda atau ciri-ciri terjadi kebocoran pada packing silinder head bisa diperiksa dengan menggunakan beberapa cara diantaranya :

  • Pertama, untuk pemeriksaan secara visual bisa dilakukan dengan cara menghidupkan mesin sampai temperatur kerja mesin atau sampai thermostat terbuka dan tutup radiator dibuka, perhatikan air yang ada di radiator,jika terlihat gelembung udara yang terus menerus,maka bisa dipastikan adanya kebocoran. Ini terjadi karena kebocoran pada packing antara silinder dgn water jacket. Jika bocor terlalu besar, maka saat di gas, air radiator akan menyembur keluar mulut radiator.
  • Kedua dengan cara melihat air radiator, jika terlihat ada oli pada air radiator, bisa dipastikan telah terjadi kebocoran antara saluran oli dan air.
  • Ketiga dengan memeriksa dipstik oli, jika warna oli berubah jadi coklat susu, itu tandanya telah terjadi kebocoran pada packing.

Paking SIlinder head zebra

Overheat bisa juga disebabkan oleh kurang nya oli mesin, atau oli tidak bersirkulasi karena pompa oli rusak atau mampet di saringan oli.

 

Iklan

Satu pemikiran pada “[Daihatsu Espass] Kupas Tuntas Overheat ( Bagian 2 ) Oleh Hidir Wiguna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s