TestDrive Suzuki Forsa 87, Tombolnya Unik


Suzuki Forsa

 Suzuki Forsa, mobil jadul yang berfitur cukup lengkap ini sudah pernah testdrive sewaktu mencari mobil 2 tahun yang lalu, namun tidak sreg dengan kondisi interior yang berantakan. Kali ini mencoba yang masih lumayan sehingga bisa dinikmati. Forsa lansiran 87 alias hampir 30 tahun, berikut impresinya

Duduk di kursi kemudi, rasanya kagok, biasa mengendarai mobil tinggi yang ini semacam sedan, jadinya ndlosor alias seperti orang selonjoran. :mrgreen:

Lihat sektor kemudi, sudah diganti model racing berdiameter lebih kecil daripada aslinya. Indikator di dashboard cukup lengkap : speedometer, tachometer, odometer, trip meter dan ada batang untuk mereset. Posisi panel dibuat simetris kanan kiri, speedometer di kiri, tachometer di kanan, tengah atas fuelmeter, tengah bawah indikator suhu.

ForsaKita lihat tombol dan stick-sticknya.

  • Di bawah setir sebelah kanan ada stick untuk sein seperti pada umumnya. Namun untuk Forsa fungsinya cuma sein kanan, sein kiri, pass beam (lampu dim) sama pengatur jauh dekat lampu utama.
  • Untuk menghidupkan lampu utama dan lampu senja pindah ke dua buah tombol di sisi kanan tachometer, atas untuk lampu utama, yang bawah lampu senja.
  • Depan setir ada tombol lampu hazard model tarik tekan.
  • Bawah setir kiri tidak ada stick wiper seperti kebanyakan, tombol wiper dan washer ada di sisi kiri speedometer. Ada empat tombol, yang bawah washer, atasnya wiper mode Intermitten, atasnya wiper mode low, paling atas wiper mode fast.
  • Ke bagian bawah dahboard sisi kiri setir ada tuas choke, tombol wiper dan washer belakang serta defogger.
  • Bawah dashboard sisi kanan ada tombol alarm, sepasang tombol untuk lock/unlock pintu bagasi, kemudian paling kanan ada tombol electric mirror, di bawah EM ada pembuka kap depan.
  • Tidak ada tuas pembuka tutup bensin, jadi harus rajin jalan ke belakang kiri kalo mau isi bensin.
  • Bawah setir ada tuas Tilt-steeting
  • Forsa GLX ini sudah ada fitur Power Window jadi masing-masing pintu ada tombol PW-nya, serta sentral PW di pintu sopir.

Forsa kursi depan

Hidupkan mesin, tokcer, kayaknya dirawat nih sama yang punya. Masukkan gigi dan gooooooo..

Rasio tiap gigi Forsa lumayan panjang, mirip Carry atau memang Suzuki suka rasio panjang. Beda dengan Espass yang pendek-pendek. Forsa masih enak jalan 60-70 km per jam di gigi 3. Sebagai pembanding, Daihatsu Espass kecepatan 60 sudah di gigi 4. Akselerasi lumayan cepat, walau cuma 1000 cc namun dengan body yang kecil sepertinya bobotnya tak terlalu besar.

Yang agak mengganjal sepertinya spion sedan yang rata-rata kecil. Dan kebetulan unit yang di test ini sepertinya kurang cembung, apakah asli atau sudah diganti.

Dengan harga di kisaran 20-35 jutaan (tergantung tipe, tahun dan kondisi), bolehlah hatchback ini jadi pilihan.

Iklan

20 pemikiran pada “TestDrive Suzuki Forsa 87, Tombolnya Unik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s