Testdrive Forsa Di Beberapa Kondisi (1)


Suzuki Forsa

Lanjut ngetest Suzuki Forsa, kali ini untuk luar kota, seperti apa ya jalan jauh dengan mobil berbasis sedan yang posisi duduknya rendah?

Siang Hari Cerah

Masuk jalur luar kota dengan berbagai karakter jalan dan pengguna jalannya. Mesin 1000 cc membawa muatan 4 orang dan bagasi penuh, karakter persneling yang panjang-panjang memang enak. Jalan luar kota kadang cepat kadang melambat membuat kita harus menyesuaikan gigi. Dengan nafas panjang-panjang membuat kita tidak perlu terlalu sering menggeser batang persneling.

Namun yang agak merasa inferior adalah postur kendaraan. Berpapasan atau menyalip truk dan bus besar membuat kita serasa menempel ke jalan, kendaraan besar itu tampak tinggi menjulang.

Spion Ketika hujan

Siang Hari Hujan

Pilihan wiper Intermitten, Low dan High membuat kita mudah menyesuiakan kondisi hujan dari gerimis sampai hujan lebat. Adanya rear-wiper juga cukup membantu. Sebenarnya ada fitur defogger, namun sepertinya karena umur sudah tak berfungsi. Masalah embun, hidupkan saja AC, walau dingin luar dalam yang penting pandangan tak terganggu.

tanjakan sokawera somagede banyumas

Malam Hari Masuk Jalan Desa Menanjak

Test malam hari dari jalan datar sudah terganggu dengan lampu kendaraan dari arah depan yang menyorot tepat di muka, oke adaptasi dengan ini.

Masuk jalur pedesaan yang menanjak dimana lebar jalan hanya pas dua mobil, tanpa marka pembatas dan ada beberapa lubang jalan. Tantangan lagi nih.

Pertama karakter mesin di tanjakan, sekali lagi keuntungan gearbox bernafas panjang ini menguntungkan. Di tanjakan yang saya lalui, mengawali dari gigi 3 dengan ancang-ancang, turun gigi 2 seterusnya sampai finish. Sepanjang perjalanan berpapasan dengan motor dan mobil dimana semua lampu menyorot muka dengan telak. Tetap anteng di gigi 2 dengan kecepatan 30-40, walau sesekali agak mengurangi gas ketika melindas lubang.


Kesimpulan : Karakter gearbox Forsa memang fleksibel untuk jalan di kota dan di desa. Namun kapasitas mesin yang cuma 1000 cc kadang ngedrop ketika muatan penuh atau menghidupkan AC. Posisi di bawah ini juga masalah sebenarnya, namun karena memang tidak bisa dihindari, kita harus menyesuaikannya.

Bersambung

Iklan

4 pemikiran pada “Testdrive Forsa Di Beberapa Kondisi (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s