Pengalaman Balik Nama Kendaraan


Balik nama kendaraan, bukan pertama kali sebenarnya, dalam 10 tahun ini saya sudah 3 kali melakukan balik nama kendaraan.namun karena bukan hal rutin jadi tidak hafal prosesnya. Karenanya sebagai catatan pribadi saya tulis di blog ini.SWDKLLJ Baru
Balik nama kendaraan itu sebenarnya simpel : Siapkan berkas–Urus BPKB baru ke Polres–Samsat–STNK baru.

Berkas yang disiapkan sebenarnya sama saja seperti pajak tahunan : BPKB, STNK & SWDKLLJ (lama) dan KTP, namun ditambah kuitansi pembelian kendaraan di maksud dilengkapi materai. Berkas tersebut difotocopy rangkap dua atau 3 kemudian pergi ke Polres.

Bagian BPKB Polres Cilacap

Di Polres, siapkan berkas yang diminta petugas, dan bayar sesuai ketentuan. Di Cilacap, untuk motor 80 ribu sedangkan mobil 100 ribu. Setelahnya kita diberi kuitansi untuk pengambilan BPKB baru, yang ternyata jangka waktunya cukup lama, yaitu 1 tahun.

Kemudian kita menuju Samsat, daftar cek fisik. Untuk mobil begitu diparkir buka kap mesin agar cepat dingin sehingga petugas cek fisik cepat dalam bekerja.
Cek Fisik

Setelah nomor rangka dan mesin dicetak di kertas khusus, kemudian ditempelkan ke formulir, jangan lupa bayar 30 ribu.

Kemudian kita daftar di loket verifikasi untuk mendapatkan formulirnya. Verifikasi ini khusus untuk pembayaran 5 tahunan dan atau balik nama. Masuk ke ruang berikutnya untuk mendapatkan nomor antrian, bayar 50 ribu dan 10 ribu, kemudian menunggu panggilan untuk membayar.

Setelah nomor kita dipanggil, kita ke loket dan membayar sesuai nominal yang disebutkan petugas. Untuk saya mobil tua tahun 1988, totalnya 818.000, detailnya seperti foto di atas.

Kemudian kita menunggu lagi untuk STNK & SWDKLLJ baru. Untuk kali ini hanya SWDKLLJ yang dicak dibaliknya sebagai STNK sementara sampai dengan tanggal yang ditentukan.

Kemudian kita menuju workshop untuk mendapatkan plat nomor baru.

Serahkan STNK ke petugas workshop, dalam 5 menit plat nomor baru sudah jadi, tapi awas catnya masih basah sebagian. Proses di atas berlaku untuk balik nama dan atau pajak 5 tahunan. Untuk efisiensi, balik nama dilakukan bersamaan dengan pajak 5 tahunan.

Semoga berguna.

Iklan

7 pemikiran pada “Pengalaman Balik Nama Kendaraan

  1. Ping balik: Cara Balik Nama Kendaraan Di Samsat Cilacap | Maskur's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s